Berapa Banyak Bintang di Langit

Bintang

Jika kita melihat langit di malam hari yang cerah tidak tertutup awan, tentu kita melihat taburan bintang. Pernahkah terpikirkan olehmu seberapa banyak bintang di alam semesta ini? Jawabannya adalah sangat banyak sampai tak terhitung jumlahnya.

Hingga saat ini, manusia hanya mampu mengamati sebagian kecil dari luasnya alam semesta. Dari sebagian kecil itu, setidaknya ada seratus miliyar galaksi. Tata surya kita berada di salah satu galaksi tersebut yaitu Bima Sakti.

Di galaksi Bima Sakti saja diperkirakan ada 200 hingga 400 miliar bintang. Jika kamu menatap langit pada malam hari yang cerah tanpa awan, diperkirakan jumlah binatang yang bisa kamu lihat hanya sekitar 6.000 buah.

Fakta Unik Mengenai Bintang :
  1. Komposisi penyusun matahari dan bintang sama yaitu sebagian besarnya tersusun oleh 74% Hidrogen dan 25% Helium serta unsur-unsur lainnyadalam jumlah yang kecil.
  2. Warna bintang sangat bervariasi dari merah ke biru. Bintang yang warnanya merah suhunya sekitar kurang dari 3.500 kelvin. Bintang yang warnanya kuning seperti matahari suhunya lebih dari 6000 kelvin. Sedangkan bintang yang terpanas yaitu berwarna biru yaitu suhunya sekitar lebih dari 12.000 kelvin.
  3. Kebanyakan bintang yaitu bintang kerdil berwarna merah. Ukuran rata-ratanya yaitu 50% dari bobot matahari dan energi yang dilepaskannya 10.000 kali lebih kecil dari energi yang dikeluarkan matahari.
  4. Bintang yang paling cerah adalah bintang Alpha Centauri 1,5 kali lebih cemerlang dari Matahari.
  5. Matahari merupakan bintang kerdil, yang akan terus mengembang.
Sumber Artikel : 
Risa Icha, 2014. Kini Aku Tahu 210+ Pertanyaan Konyol yang Mendidik. Puspa Swara.

This Is The Oldest Page