Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan

Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan, Jam Tangan

Dahulu sebelum jam ditemukan, beberapa suku dan bangsa kuno didunia sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda. Pada Bangsa Mesir pada saat itu sudah dapat mengukur waktu dengan memanfaatkan pergerakan Matahari. Mereka mendirikan sebuah alat ukur berupa tugu yang disebut obelisk. Ketika matahari bergerak maka bayangan dari tugu tersebut juga akan bergerak. Dari sanalah mereka megukur waktu. Karena Matahari terbit dari timur dan Mesir berada di belahan Bumi bagian Utara, maka ketika Matahari bergerak, bayang pada tugu obelisk pun akan bergerak kekanan.

Nah itulah alasan yang kuat mengapa pada akhirnya jarum jam dibuat berputar kekanan. Namun, jika seandainya saja mesir berada di belahan Bumi bagian Selatan , mungkin kita akan melihat jarum jam kita bergerak kearah kiri.

Fakta Unik Mengenai Arloji Atau Jam :
  1. Arloji yang menggunakan penghitungan menit baru di temukan pada tahun 1600-an.
  2. Pemakaian Arloji pada pergelangan tangan baru ditemukan oleh para tentara pada saat perang dunia Ke-1 (1914-1918). Sebelum ditemukannya, saat itu Arloji dikalungkan di leher dengan rantai atau disimpan di kantong.
  3. Arloji paling mahal didunia adalah SUPER ICE CUBE buatan Chopard yang bertahta berlian dengan harga mencapai 848.000 Euro atau sekitar Rp.10,1 miliar (dengan asumsi kurs 1 Euro = Rp.11.950)
  4. Waktu dunia internasional dihitung dari jumlah rata-rata lebih dari 200 jam atom disinkronisasi.
  5. Semua planet memiliki jam yang berbeda, karena kecepatan rotasi mereka berbeda.
Sumber Artikel : 
Risa Icha. 2014. Kini Aku Tahu 210+ Pertanyaan Konyol yang Mendidik. Puspa Swara.


EmoticonEmoticon