Mengapa Ada Petir dan Guntur

Petir dan Guntur

Ketika hujan, pasti kamu akan mendengar suara petir yang menggelegar. Cahaya kilatannya menerangi langit mendung. Sebenarnya apa sih petir itu? Menurut ilmu fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan muatan listrik yang berbeda. Prinsip dasarnya, mirip seperti lompatan api pada busi.

Petir adalah hasil pelepasan muatan listrik antara awan bermuatan negatif dengan awan bemuatan positif. Energi yang dilepaskan muatan tersebut begitu besar sehingga menimbulkan kilatan cahaya dan bunyi yang menggelegar. Aliran listrik dari kilatan tersebut lebih besar dari paa alran listrik dirumah. Kekuatannya mencapai hingga puluhan ribu kali lipat, bahkan bisa mencapai ratusan ribu kali lipat.

Sambaran petir bisa menghancurkan bangunan, membunuh manusia, dan memusnahkan pohon. Rata-rata kecepatan sambaran petir yaitu 150.000 km/detik.

Fakta Unik Mengenai Petir :
  1. Petir sering menyambar tempat tinggi dan berujung lancip. Petir juga bisa menyambar berulang kali pada tempat yang sama.
  2. Ternyata petir tidak hanya menyambar pada saat hujan saja. Sebelum dan setelah hujan pun bisa terjadi petir, Bahkan pada saat cuaca cerah sekalipun.
  3. Sambaran petir dapat menyatukan Hidrogen dan Oksigen. Jadi, petir bisa menyuburkan tanah yang disambarnya.
  4. satu kali sambaran petir dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan lamanya.
Sumber Artikel :
Risa Icha. 2014. Kini Aku Tahu 210+ Pertanyaan Konyol yang Mendidik. Puspa Swara.