Rahasia Belut Listrik

Evogood.com Untuk hewan yang satu ini, kira-kira ada yang mau untuk memakanya tidak ya ? Hewan yang satu ini berburu dan melindungi dirinya dengan sengatan listrik. Belut Listrik, itulah sebutan yang kita kenal selama ini.

Belut Listrik ini mengirimkan sinyal-sinyal listrik yang menyebabkan otot-otot mangsa tersembunyi berkedut dan memberikan lokasi mereka. Belut listrik menggunakan kemampuan mereka untuk mengejutkan lebih dari sekedar sengatan biasa, sebuah penelitian telah menemukan; mereka juga dapat memanfaatkan organ listrik untuk mengontrol  mangsanya itu dengan jarak jauh.    

Organ elektrik yang dimiliki Oleh Belut listrik ini mulai ada dalam kehidupan mereka sebagai sel-sel prekursor otot. Belut Listrik, biasa ditemukan di Amazon dan Orinoco. Di Amerika Selatan, Belut Listrik ini bisa mencapai 6 meter panjangnya.
Semua sel otot pada belut listrik, memiliki potensi listrik karena kontraksi otot apapun dapat melepaskan sejumlah kecil tegangan. Ikan tertentu memanfaatkannya dengan mengubah sel-sel otot biasa menjadi tipe sel lebih besar yang disebut elektrosit yang membangkitkan tegangan jauh lebih tinggi. Organ elektrik tersusun atas sel-sel ini.
Menurut Harold Zakon, profesor ilmu syaraf di University of Texas " Setiap sel organ elektrik hanya menghasilkan tegangan kecil, serupa dengan kekuatan otot-otot kita. Rahasia dari organ elektrik adalah bahwa sel-selnya tersusun dalam tumpukan dan secara elektrik terisolasi sehingga tegangan bertambah seperti baterai dalam rangkaian,".

Kira-kira, bila belut listrik ini kita goreng lalu kita makan, kita bisa jadi manusia listrik tidak y ?

2 comments

bagus gan...yang ini belutnya bikin mati kan...

Ia kakak :D
makanya jangan sampe deket2 ma belut ini y :D


EmoticonEmoticon