Ternyata ini alasanya manusia perlu mandi

Evogood.com: Rutinitas kita sehari-hari membuat badan kita berkeringat dan menjadi lelah. Salah satu obat dari itu semua, adalah membersihkan badan atau mandi. Dengan kita mandi minimal 2 kali di setiap harinya, akan membawa dampak yang positif bagi tubuh kita. Tidak hanya menjadikan tubuh kita wangi dan bersih, tetapi juga sehat. Berikut alasanya mengapa kita perlu mandi di setiap harinya.


1. Mengurangi ketegangan otot
Mandi menggunakan air hangat merupakan cara yang sederhana untuk membantu anda mengurangi ketengan otot yang di sebabkan karena kelelahan ataupun stress. Air hangat ini dapat membantu kita untuk menyembuhkan penyakit otot dengan rilex dan dapat meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas otot, terutama ketika Anda mandi setelah berolahraga.

2. Meningkatkan sirkulasi darah 

Membenamkan diri ke dalam bak berisi air dapat meningkatkan sirkulasi darah ke anggota tubuh dan membantu dalam memakanan sel-sel yang rusak. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, tekanan darah akan dapat terkurangi  dan fungsi jantung juga akan meningkat.

3. Mengurangi kadar gula 
Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Philip L. Hooper dari Medical Center McKee di Loveland, Colorado. Penderita diabetes yang membenamkan diri dalam bak air panas selama sekitar 20-30 menit (selama 3 minggu) memiliki kadar gula darah yang rendah (sebesar 13%).

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Tidak hanya mandi dengan menggunakan air hangat, tapi mandi menggunakan air dingin juga banyak membawa dampak yang positif, asalkan tidak dilakukan pada malah hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin secara teratur dapat merangsang pembuluh darah dan sel darah putih untuk menghasilkan lebih banyak jumlah sel-sel kekebalan yang berfungsi untuk melawan infeksi. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan Anda jatuh sakit selama setahun.

5. Mengurangi depresi 
Dengan mandi air dingin, maka akan sangat membantu anda ketika anda mengalami depresi. Sebuah studi oleh Shevchuk NA menunjukkan bahwa paparan hasil air dingin pada sistem saraf. Hal ini meningkatkan tingkat bahan kimia beta-endorphin dan noradrenalin dalam darah yang mengurangi depresi. Sebuah mandi air dingin juga mengirimkan impuls listrik dari otak yang menyebabkan efek anti-depresi.

6. Membantu mengurangi stres 
Anda dapat mengurangi beban pikiran anda dengan cara membersihkan badan anda atau mandi. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa kadar penanda stres (kortisol dan chromogranin) berkurang secara signifikan setelah 60 menit, kepada orang yang telah mandi.

7. Dampak reproduksi pada pria 
Ingin meningkatkan libido? Mandi air dingin setiap pagi hari. Sebuah studi oleh Thrombosis Research Institut, Air Dingin menunjukkan bahwa kadar hormon testosteron pria meningkat sangat pada pria yang mengambil mandi dingin.

17 comments

Thanks Informasinya om...

Wah ini nih yang pada liburan pada jarang mandi :)

baru tau ane hehehe
ane cuman make aja tapi gag tau manfaatnya ternyata banyak thanks infonye :D

ternyata banyak ya manfaatnya,mulai sekarang mau rajin mandi ah....wkwkwk

terimakasih gan infonya :)

Wah jadi gak boleh ngulur-ngulur waktunya mandi nih. Nice post gan

Yang pasti mandi menghilangkan daki dari tubuh sob..btw artikelnya mantap..

Jangan lupa back ke Satriyoku.blog

harus kakak :D
meskipun tetep aja susah :3

bener :D

thanks kakak udah mau mampir :D

Tapi orang gila ga pernah mandi tubuhnya ko kebal penyakit ia :P

Perlu dipertanyakan... hehe

widieh kyknya harus jadi orang gila dulu ni kakak baru bisa merasakanya :ngakak


EmoticonEmoticon