Delapan Foto Matahari yang Menakjubkan

Evogood.com: Badan antariksa NASA Solar Dynamics Observatory (SDO) mempunyai misi utama yaitu untuk mengamati dan meneliti Matahari sejak tahun 2010 lalu. Selama akhir pekan ini, Badan ini mendapatkan hasil yang mengejutkan dari penamatanya. Hanya kurang dari lima tahun setelah peluncurannya, pada 19 Januari 2010, SDO telah berhasil mengambil citra matahari sebanyak 100.000.000 gambar.

Foto matahari, evogood , keren
mnn.com
Badan ini menggunakan Atmospheric  Imaging Assembly (AIA - Empat Teleskop yang tersusun secara paralel ) , yang telah berhasil mendapatkan foto-foto matahari yang sangat menakjubkan. Badan SDO ini dapat memberikan 1,5 Terabyte jumlah data  dan 57.000 gambar setiap harinya.

Letusan Kawat Pijar yang Panjang

Foto Matahari Keren

Pada 31 Agustus 2012, SDO menangkap fenomena yang sangat indah ini. Gambar di atas menunjukkan filamen atau kawat pijar yang panjang dengan bahan surya yang berada di atmosfer matahari. Filamen ini terus meletus ke ruang angkasa sehingga membentuk Letusan yang sangat indah. Kejadian ini juga menyebabkan aurora muncul di Bumi yang hanya memakan waktu beberapa hari kemudian.

Gerhana bulan parsial

Peristiwa menakjubkan matahari

Fenomena indah ini diambil pada 22 November 2014, kita melihat bahwa sebagian bulan menghalangi korona matahari yang membentuk gerhana bulan parsial. Jika Anda memeriksa pinggiran bulan, Anda akan melihat bahwa itu bukan lingkaran sempurna, dan berkat gambar dengan resolusi tinggi, kita benar-benar bisa melihat dengan jelas.

Putaran Mahkota

matahari yang indah
Di bulan Oktober 2014, SDO menangkap gambar kilatan yang membentuk putaran Mahkota di sepanjang tepi matahari. Seperti yang diungkapkan oleh NASA "Putaran terang mulai terbentuk dan tumbuh setelah suar M-class meletus". Putaran yang kita lihat dalam cahaya ultraviolet ekstrim sebenarnya adalah partikel spiral yang berada di sepanjang garis medan magnet lengkung di atas daerah aktif. Mereka reorganisasi dengan medan magnet setelah gangguan tersebut. "Untuk membuatnya semua lebih mengesankan, loop ini memperpanjang keluar lebih dari 15 kali ukuran Bumi."

Letusan Membentuk Bintang

gambar matahari

Pada 7 Juni 2011, SDO mendapatkan gambar ini ketika terjadi letusan dahsyat yang mengangkat materi dingin dan gelap yang bearada seperti di dalam mahkota. Mayoritas material yang dikeluarkan dari letusan menyebabkan panas hingga hingga lebih dari satu juta derajat. 

Orang Tua di bawah Sinar Matahari

evogood , gambar matahari , keren

Biasanya orang-orang berbicara tentang bentuk manusia di bulan, tapi Gambar menakjubkan ini dapat menjadi alat sesuatu yang hebat untuk menunjukkan bahwa matahari memiliki bagian yang berbeda. Daerah gelap yang terlihat seperti mulut yang terbuat dari material dingin, mata terbuat dari material panas, dan rambut menunjukkan sesuatu hal yang mengambang di atmosfer matahari.

Jejak Venus

kerenya gambar matahari ini

Kita kembali pada bulan Juni 2012, Venus telah meninggalkan jejak ketika melintasi matahari. SDO tidak mau meninggalkan kesempatan ini dengan menangkap secara rinci terhadap peristiwa yang indah ini.
 
Gabungan dari 25 gambar matahari

gambar matahari indah ,evogood

Gambar yang sangat luar biasa ini tercipta bukan hanya satu gambar. Gambar ini terdiri dari 25 gambar terpisah yang diambil antara 16 April 2012 dan 15 April 2013. Dengan menggunakan AIA ( Atmospheric  Imaging Assembly ) SDO mengambil gambar matahari setiap 12 detik pada 10 panjang gelombang yang berbeda. 
 
Gambar yang ke 100.000.000


gambar matahari indah , evogood

Gambar yang terakhir ini adalah gambar ke 100 juta yang diambil oleh SDO (Solar Dynamics Observatory). Di dalamnya anda akan melihat daerah gelap di bagian bawah yang membentuk lubang koronal. LUbang ini terbentuk karena kepadatan wilayah rendah pada Atmosfer yang terletak di luar matahari. #mnn


EmoticonEmoticon