Hebatnya alat pendeteksi pada kelelawar

Evogood.com: Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Sayapnya terbuat dari kulit tipis. Kulit tipis ini membentang antara tulang-tuang jari dan tulang lenganya. Pada bagian atas tiap-tiap sayap terdapat cakar yang digunakan untuk melekat pada batuan saat tidur dalam gua tempat tinggalnya.


Mamalia satu ini mencari makanan pada malam hari, dan pada siang hari pergi untuk tidur. Untuk makananya dapat berupa serangga , buah-buahan, madu, ikan, mamalia kecil, dan reptile. Dimalam yang gelap, mamalia satu ini masih dapat mencari makananya dengan alat pendeteksi yang ada pada tubuhnya. Akan tetapi, bagaimanakah cara kerja dari alat pendeteksi tersebut ?

Kelelawar memancarkan bunyi berfrekuensi tinggi melalui mulutnya. Dan kemudian, bunyi-bunyi ( Gema ) tersebut akan dipantulkan oleh benda-benda di sekitarnya seperti cabang pohon atau serangga. Dengan memancarkan bunyinya tersebut, kekelawar dapat memperkirakan jauhnya rintangan atau makanan yang ada didepanya. Kemampuan kelelawar ini dikenal dengan ekolokasi, dengan ekolokasi ini kelelawar dapat terbang di kegelapan malam dan mencari makananya tanpa menabrak apapun.


EmoticonEmoticon