5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya

Evogood.com - 5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya. Ternyata tidak hanya manusia yang setia pada pasangannya. Kesetiaan juga bisa dilakukan hewan pada pasangannya. Bahkan hewan-hewan ini dijadikan lambang cinta abadi oleh manusia.

1. Ketam Ladam

5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya
 
Hewan ini terkenal dengan nama Jawa "Mimin" atau "Mintuno". Nama latinnya Limulus polyphemus. Ketam Ladam memiliki kebiasaan menempel pada pasangannya. Jika si jantan/betina pergi maka pasangannya akan menempel dan mengikuti terus. Banyak orang menilai ketam legam adalah hewan setia dan selalu rukun. Dalam mitologi Jawa, jika nelayan tidak sengaja menangkap satu ketam ladam, maka nelayan harus melepaskannya lagi. Karena pasangannya pasti akan mencari. Jika tidak dilepaskan maka nelayan tersebut akan terkena sial. Itulah ketam ledam hewan laut yang sangat setia pada pasangannya.

2. Angsa

5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya
 
Hewan ini ditampilkan sebagai ikon kesetiaan dan kecantikan. Gambar 2 buah leher angsa berlainan jenis mendekatkan dahi dan membentuk lambang hati sering dijadikan simbol cinta dan kesetiaan abadi. Ketika angsa jantan sudah menemukan betina yang pas, maka angsa jantan akan membawa pasangannya dalam kelompok. Dalam asmara pun angsa tidaklah asal pilih. Mereka akan "saling mengenal" selama bertahun tahun untuk menentukan pasangan hidupnya dan selanjutnya angsa akan setia pada pasangannya sampai mati. Angsa hanya akan berpisah jika si pasangan mandul.

3. Burung Nasar Hitam

5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya
 
Burung ini dikenal juga dengan nama burung hering. Burung hering berkepala botak, tidak berbulu, kecuali bulu halus. Burung ini menegakkan sistem monogami. Jika burung nasar tertangkap berhubungan seks dengan burung lain selain pasangannya maka burung itu akan mendapat serangan dan pelecehan. Baik dari pasangannya atau dari burung nasar lain yang ada di sekitar.

4. Ikan France Angelfish

5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya
 
Ikan ini berasal dari perairan Florida, Karibia. Dalam melakukan kegiatan, ikan ini selalu bersama pasangannya. Baik itu berburu, migrasi dan membersihkan area tempat tinggalnya dari bakteri atau alga. Ikan ini tetap hidup bersama dan berdampingan untuk memperkecil kemungkinan keturunannya dimakan oleh predator.

5. Serigala

5 Hewan yang Setia Pada Pasanganya
 
Binatang buas ini memiliki berat badan rata-rata 40 kilogram. Hewan ini tergolong hewan yang setia. Serigala hanya mengawini satu lawan jenis seumur hidupnya. Serigala pun setia terhadap kawanan yang terdiri dari pejantan, betina dan anak-anaknya. Jika ada serigala yang terluka, maka serigala yang lain akan mencarikan makan dan merawatnya sampai sembuh.


EmoticonEmoticon