6 Minuman Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Evogood.com - 6 Minuman Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba. Setiap daerah atau negara tentu memiliki ciri khas tersendiri. Begitu pun dengan Indonesia, ada beberapa minuman super khas yang dikenal banyak orang, bahkan sampai ke mancanegara. Mungkin anda juga sudah pernah merasakan salah satu minuman khas Indonesia tersebut.

1. Bajigur
 
Minuman tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat ini terdiri dari gula aren dan santan. Bisa juga ditambahkan sedikit garam, jahe dan vanili bubuk. Bajigur bisa disajikan dalam keadaaan masih panas atau hangat. Bajigur paling cocok dinikmati saat hujan atau cuaca dingin.

2. Wedang Cor
 
Wedang Cor merupakan salah satu minuman khas Jember. Kata "Cor" digunakan karena proses meracik minuman ini yang seperti sedang mengaduk adonan semen, cepat dan bertenaga. Wedang Cor berbahan dasar rebusan air jahe panas, susu kental manis atau susu sapi murni dan tape ketan. Caranya, letakkan tape ketan di dasar gelas, siram air jahe panas dan tambahkan susu kental manis atau susu sapi murni. Kemudian, semua bahan diaduk jadi satu. Biasanya minuman ini dijual pada malam hari. Wedang Cor paling pas dinikmati saat cuaca dingin.

3. Jamu
 
Cara pembuatan jamu sudah diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang dan bertahan hingga sekarang. Dengan memanfaatkan bahan yang sudah disediakan alam, kemudian diracik menjadi minuman berkhasiat, misalnya rimpang, kulit, dedaunan, batang, dan buah. Jamu identik dengan rasa pahitnya. Untuk mengurangi rasa pahit, bisa ditambahkan campuran jahe, kayu manis, madu atau anggur. Meskipun pahit, jamu tidak beracun, tanpa efek samping dan telah teruji khasiatnya. Khasiat jamu sesuai dengan jenis racikan dan bahannya.

4. Air Goraka
 
Air Goraka merupakan minuman hangat khas Halmahera Utara. Minuman ini dibuat dari bahan jahe merah, daun pandan, gula aren berwarna tua yang diserut, gula pasir dan garam. Kemudian tambahkan biji kenari diatasnya sebagai penambah rasa. Campuran air jahe dan gula kelapa yang disajikan dengan biji kenari bisa menghangatkan tubuh.

5. Bir Pletok
 
Salah satu minuman khas Betawi adalah bir pletok. Kata-kata "bir" sering kali membuat orang terkecoh. Padahal minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman penyegar ini dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi dan serai. Biasanya ditambahkan juga kayu secang, agar warna minuman ini lebih menarik. Bir Pletok akan berwarna merah setelah semua bahan dicampur dan diseduh dengan air panas. Selain sebagai minuman penyegar, Bir Pletok juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah.

6. Teh Talua
 
Di Padang, ada sajian teh telur yang dikenal dengan sebutan teh talua. Meskipun dibuat dari telur, teh ini sama sekali tidak amis. Cara pembuatannya, kuning telur ayam atau bebek diaduk sampai berbusa dicampur gula pasir dalam gelas selama 5-7 menit. Kemudian seduh air mendidih dengan teh. Bisa juga ditambahkan susu, kayu manis, dan perasan lemon untuk menambahkan rasa. Teh Talua berasa gurih dan manis. Minuman khas dari Padang ini dipercaya bisa menambah energi dan vitalitas.

1 comments so far

Musti dicoba tu. Jamu itu yang kusuka,minuman tradisional menyehatkan.


EmoticonEmoticon