7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Evogood.com - 7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel. Sudahkah anda ketahui bahwa pada tahun 1898 terbit sebuah novel yang berjudul Futility atau Wreck of The Titan yang memiliki keterkaitan dengan peristiwa mengenaskan yang menimpa Kapal Besar Titanic? Novel tersebut adalah karya dari Morgan Robertson yang menceritakan tentang sebuah kapal besar dengan nama "Titan" yang tenggelam di Atlantik Utara setelah menabrak sebuah gunung Es.

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel


Ingat! ini adalah kisah dari sebuah novel tersebut. Lalu bagaimana dengan kisah Kapal Titanic yang tenggelam pula karena menabrak sebuah gunung ES?

Ternyata, Novel Karangan Morgan terbit 14 sebelum kejadian Kapal Titanic mengalami kejadian tragis tersebut. Percaya atau tidak, novel ini benar adanya dan memang terbit sebelum Kapal Titanic dibuat. Yang lebih mengesankan lagi, terdapat fakta-fakta lainya yang sama persis antara Titan dengan Titanic. 


1. Memiliki Nama yang nyaris Sama

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Kapal yang terdapat dalam novel karangan Morgan Robertson memiliki Nama "Titan". Sedangkan Kapal terdapat dalam dunia nyata yang benar-benar tenggelam di lautan Atlanik Utara Memiliki Nama "Titanic". Hanya beberapa huruf saja yang berbeda. 

2. Kapal yang anti tenggelam

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Morgan menuliskan Titan di dalam Novelnya bahwa kapal tersebut tidak dapat tenggelam atau anti tenggelam dan ini diklaim oleh Produsennya sendiri. Kapal ini merupakan kapal komersil yang terbesar di Masanya pada tahun 1898, dan memiliki kapasitas sekitar 75.000 ton. Lalu bagaimana dengan "Titanic" ? Titanic, juga diklaim bahwa kapal ini anti tenggelam dan merupakan salah satu hasil karya terhebat di era tersebut.

3. Sama-sama buatan Inggris

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Titanic yang merupakan Kapal di dunia nyata, adalah kapal buatan inggris yang memiliki panjang 800 kaki. Sedangkan kapal karangan Morgan "Titan", juga sama-sama buatan Inggris dan memiliki panjang 800 kaki pula. Mungkin para produsen kapal "Titanic", terinspirasi oleh novel karangan Morgan yang faktanya novel tersebut ada 14 tahun sebelum Titanic ada.

4. Menabrak Es yang sama

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Tidak hanya nama dan spesifikasi kapal yang nyaris sama, bahkan tragedi yang dialami keduanya pun juga sama. Baik "Titan" atau "Titanic" pada akhirnya menabrak sebuah gunung es yang terletak sekitar 400 mil dari Newfoundland. Tabrakan tersebut tidak dapat dihindari karena kedua kapal sama sama melaju dalam kecepatan tinggi, sekitar 25 Knot.

5. Waktu Kecelakaan yang Sama Persis

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Tidak ada yang bisa menjelaskan secara rinci mengapa waktu tragedi yang menimpa kapal "Titanic" dan kapal karangan Morgan "Titan" nyaris sama. Morgan menuliskan dalam novelnya "Titan" tenggelam pada bulan April, yang ternyata Kapal "Titanic" juga tenggelam pada tanggal 15 April 1912 pada tengah malam.

6. Jumlah Sekoci yang Kurang

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Dalam film "Titanic" jelas terlihat bagaimana para penumpang yang berjumlah ribuan itu saling berebut kapal sekoci yang memang jumlah sekoci di kapal "Titanic" tidak mencukupi untuk seluruh penumpang pada saat itu. "Titanic" hanya membawa 16 unit sekoci penyelamat dan 4 unit kapal lipat. Jumlah itu sangat kurang teruntuk penumpang dan kru yang semuanya berjumlah hingga 3.000 jiwa.
Bagaimana dengan "Titan" kapal besar karangan Morgan?

Novel karangan morgan bercerita bahwa, "Titan" yang menjadi salah satu penyebab banyak jatuhnya para korban adalah kurangnya sekoci yang di bawa "Titan" dalam berlayar. "Titan", hanya membawa 24 sekoci yang sangat jelas kurang untuk seluruh penumpang dan kapal yang memiliki jumlah hingga ribuan.

7. Jumlah Korban yang Nyaris Sama

7 Ramalan Tragedi Titanic yang Ada Dalam Novel

Kapal "Titanic" di dunia nyata telah menenggelamkan lebih dari setengah dari jumlah penumpang, yaitu 2.200 beserta para kru. Sedangkan dalam Novel Karangan Morgan, "Titan" juga menenggelamkan lebih dari setengah jumlah penumpan dan kru yang berjumlah 2.500 jiwa.

Sekali lagi, Kapal Titanic ada 14 tahun setelah Novel Karangan Morgan "Wreck of The Titan" diterbitkan. Apabila kita berasumsi bahwa Pembuat kapal Titanic terinspirasi oleh Novel morgan, dapat diterima oleh akal sehat. Akan tetapi, bagaimana dengan tragedi yang menimpa kedua kapal tersebut ? Kapal "Titanic" yang benar ada di dunia nyata, dan kapal "Titan" yang hanya karangan novel belaka karya Morgan Robertson. Kebetulankah, atau memang ........... ?


EmoticonEmoticon