Daftar 10 Buah yang Dapat Membuat Anda Awet Muda

Evogood.com - Daftar 10 Buah yang Dapat Membuat Anda Awet Muda. Sayur-mayur dan buah-buahan dipercaya bisa membuat kesehatan kita terjaga, sehingga bebas dari banyak penyakit. Selain dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, ternyata sayur-mayur dan buah-buahan yang mudah ditemui ini memiliki banyak khasiat, salah satunya membuat kita awet muda. 

sumber gambar : www.molto.co.id



1. Melon
Buah asal Timur Tengah ini sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Hal itu dibuktikan dengan adanya beberapa tulisan yang ditemukan di piramida. Buah melon mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam100 gram daging buah melon terdapat karbohidrat 14.8 gram, protein 1.55 gram, lemak 0.5 gram, potasium 546.9 miligram, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64% kebutuhan vitamin A harian), dan vitamin C 74.7 miligram (mencukupi 12% kebutuhan vitamin C harian). Melon juga mengandut zat kolagen. Selain mencegah penuaan, zat kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

2. Tomat
Buah ini bisa langsung dimakan atau dijus. Dalam tomat terkandung sebuah zat utama yang dikenal dengan nama lycopene. Zat ini membantu mempermuda kulit. Dengan mengkonsumsi tomat, kulit bisa terlindungi dari efek buruk cahaya matahari dan menurunkan resiko kulit memerah dan kerusakan DNA yang diakibatkan oleh paparan ultraviolet (UV).

3. Avokad
Buah ini mengandung vitamin A dan klorofil. Terdapat banyak vitamin E dalam lemaknya. Kombinasi antara vitamin A, klorofil dan vitamin E sebagai antioksidan ternyata terbukti membuat kulit tampak kenyal dan segar meski telah berusia lanjut. Avokad merupakan buah pembentuk basa karena mengandung kalium yang tinggi. Menurut teori "Mood Combining" makanan pembentuk basa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas agar tidak mudah rusak. Sel yang terjaga membuat kulit tampak lebih muda dari umur sebenarnya.

4. Apel
Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral, apel juga memiliki kandungan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk mencegah dan menanggulangi penyakit. Zat tersebut antara lain fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Kandungan antioksidan pada apel membantu proses detoksifikasi tubuh manusia. Proses detoksifikasi dapat merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi kerutan, dan gejala penuaan dini. Mengkonsumsi apel secara rutin akan merangsang produksi kolagen.

5. Anggur Merah
Dalam kulit anggur terdapat zat bernama flavonoid, itulah sebabnya mengkonsumsi anggur dipercaya bisa membuat awet muda. Mengkonsumsi buah anggur adalah pilihan yang tepat bagi anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Dalam study jurnal sciene mengungkapkan kandungan resveratrol dalam buah anggur mengaktifkan protein yang mempromosikan kesehatan, umur panjang dan anti penuaan.

6. Maqui Berry
Buah ini kaya antioksidan, memiliki tingkat antosianin sangat tinggi dan merupakan antioksidan efektif untuk anti-penuaan. Buah berry merupakan sumber vitamin C  untuk produksi dan pembentukan kolagen. Kolagen merupakan komponen yang bisa meningkatkaan kelembapan kulit. Mengkonsumsi buah ini bisa menghambat proses penuaan, meningkatkan sirkulasi darah, memberikan mineral dan garam serta mengahambat tumbuhnya sel kanker.

7. Semangka

Semangka kaya akan kandungan air dan tanpa lemak. Samangka memiliki sifat anti penuaan yang kuat karena mengandung antioksidan lycopene yang membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Buah ini juga kaya vitamin A dan C. Nutrisi antioksidan penting untuk membantu menjaga kulit agar sehat dan awet muda.

8. Sirsak
Buah sirsak mengandung zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Vitamin paling dominan pada buah ini adalah vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat penuaan. Selain itu, sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan wasir dan memperlancar pencernaan makanan.

9. Kiwi
Mengkonsumsi kiwi dapat membuat kulit menjadi besinar, mengurangi kerutan di wajah dan dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata. Buah ini dapat digunakan sebagai masker untuk membuat kulit menjadi lebih elastis dan segar. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga membuat kulit terlihat kencang dan awet muda. Kandungan vitamin E pada kiwi lebih banyak dua kali lipat dibanding avokad.

10. Bengkuang
Meskipun warna kulit buah ini tidak mencolok, bengkuang mengandung phytochemical tinggi. Selain itu, bengkuang juga memiliki vitamin C berdosis tinggi. Vitamin C   merupakan kunci pembuatan kolagen. Kolagen bertindak dalam pembentukan sel kulit dan dapat memutihkan kulit. Kerena itu banyak wanita yang menggunakan lulur bengkuang untuk memutihkan kulit, dan banyak produk pelembap kulit yang menggunakan bengkuang sebagai bahan dasarnya.


EmoticonEmoticon