5 Hal Penyebab Wanita Mandul

Evogood.com Menjadi wanita mandul bukanlah impian semua wanita. Jika kita sering mendengar ada saudara ataupun orang yang belum memiliki keturunan Pasti ada saja yang menyarankan minum ini makan itu atau menyuruh cepat berolahraga dan melakukan aktivitas lainya. Tetapi hampir semua wanita melupakan beberapa hal sebelum menikah yang membuat mereka tak sadar diri dengan apa yang telah dilakukan semasa sebelum menikah. Bagi anda yang belum menikah sebaiknya anda membaca 5 Hal yang membuat wanita mandul :

5 Hal Penyebab Wanita Mandul


1.Masalah Hormonal


Masalah hormonal ini adalah masalah yang sangat lazim dan sangat berdampak buruk bagi penderitanya.Adanya gangguan hormonal adalah salah satu penyebab interftilitas pada wanita.Ovulasi yang seharusnya terjadi setiap bulan bukanlah proses yang sederhana,proses ovulasi tergantung pada keseimbangan dan interaksi hormon dalam tubuh wanita.Dalam situasi dimana terjadi ketidakseimbangan hormonal atau terjadi gangguan dalam proses interaksi antara hormon-hormon tersebut maka bisa dipastikan ovulasi akan terhambat.

Penyebab utama dari gangguan hormon pada wanita adalah adanya kerusakan pada saraf hipotalamus,terjadi kerusakan pada kelenjar hipofisis atau kemungkinan telah terjadi kegagalan sistem dalam memproduksi sel telur yang matang.

2.Ovarium Rusak

Adanya gangguan fisik pada ovarium sudah pasti akan mengganggu proses ovulasi dan bahkan menyebabkan ovulasi gagal,artinya tidak ada sel telur yang dihasilkan.Jadi meskipun hubungan seks dilakukan setiap hari,jika tidak ada sel telur yang siap dibuahi maka kehamilan mustahil terjadi.

Kerusakan ovarium biasa terjadi ketika wanita bersangkutan mengalami kondisi yang mengharuskan dirinya dioperasi.Kerusakan terjadi jika kapsul ovarium luka sehingga kematangan folikel tidak terjadi.

3.Menopause Premature

Kadang kadang wanita mengalami menopouse jauh lebih cepat dari masanya.Ini yang menyebabkan ovulasi tidak terjadi.Kondisi ini biasanya terjadi oleh wanita yang melakukan aktivitas berlebihan dalam olahraga.Atlet sangat rentan terkena Menopause Premature ini.

4.Masalah Pada Tuba Fallopi

Tuba Fallopi adalah bagian terpenting pada sistem reproduksi wanita.Di saluran ini sangat menentukan keberhasilan kehamilan pada wanita.Gangguan yang terjadi pada bagian ini menjadi salah satu penyebab interfilitas pada wanita,bahkan dikalangan medis mengatakan gangguan pada Tuba Fallopi 25% memperngaruhi kehamilan.

5.Gaya Hidup Tidak Sehat

Banyak wanita zaman sekarang yang dimulai dari remaja saat ini sangat bahaya sekali dalam pergaulanya.Ada yang berani merokok ditengah jalan bahkan sampai melakukan hubungan seks diluar nikah.
Mereka tak memikirkan tubuh mereka esok kelak dimana saat belum siapnya mereka melakukan itu tetapi sudah melakukan maka dari itu kita sepantasnya tidak melakukan seperti ini.