5 Peluang yang Membuat Usaha anda Gagal

Evogood.com - 5 Peluang yang Membuat Usaha anda Gagal. Banyak inspirasi yang bagus dan brilian, namun terkadang gagal dijadikan sebuah usaha atau gagal saat diluncurkan menjadi suatu produk atau jasa yang ingin di tawarkan kepada calon pelanggan atau konsumen. Informasi yang diperoleh dapat menjadi sebuah peluang jika anda mampu menghubungkan antara pengalaman dan pengetahuan yang anda miliki untuk mewujudkanya. Namun, informasi juga dapat tidak bermanfaat jika anda tidak memiliki kemampuan untuk menggabungkan antara pengetahuan dan pengalaman yang anda miliki.

5 Peluang yang Membuat Usaha anda Gagal

Inilah yang membedakan antara orang yang memiliki peluang dengan orang yang tidak memiliki peluang. Peluang yang dapat muncul dari informasi yang diperoleh antara lain :

  • Anda memperoleh informasi tentang produk baru yang sedang berkembang dan mengetahui cara memilikinya sementara dikota lain belum ada produk tersebut .
  • Informasi tentang kebutuhan produk yang harganya

Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor kegagalan peluang usaha agar dapat meminimalisirkan risiko usaha. Faktor-faktor itu adalah sebagai berikut :

  1. Peluang itu bersifat jangka pendek,karena kebutuhan pasar yang bersifat musiman dan tidak sesaat.Peluang itu memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang baik,bukan sekedar ide usaha atau baru sekedar inspirasi saja.Peluang itu berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan,pasar usaha dan produk yang dihasilkan.
  2. Peluang itu sudah "kadaluarsa" atau telah ada orang yang memulai usaha tersebut. Peluang itu memiliki resiko kegagalan yang kecil bila dijalankan. Dalam arti singkat yakni tingkat dari visibilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat diluncurkan di pasar.
  3. Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya.Produk yang akan dihasilkan dari peluang itu telah melalui uji pasar,seperti :
    • Seberapa besar tingkat kebutuhan produk tersebut di pasar
    • Seberapa tingkat sesaat kebutuhan akan produk tersebut
    • Mengapa orang enggan membeli dan menggunakan produk tersebut.
  4. Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan,pasar usaha dan produk yang dihasilkan.Produk yang akan dihasilkan dari peluang tersebut mengikuti tren atau kecenderungan perubahan pasar.
  5. Produk yang akan dihasilkan dari suatu peluang itu tidak lagi melalui uji pasar yang akurat sehingga :
    • Produk tidak laku dipasar karena tingkat kebutuhan kecil atau penetapan harga jual yang terlalu tinggi yang menimbulkan tidak ada ketertarikan dari produk tersebut.
    • Produk terlihat sudah kuno (out of date) karena terjadi perubahan kebutuhan atau munculnya suatu teknologi baru.
    • Produk mudah ditiru orang lain