Bahaya Marah Ketika Kita Emosi

Evogood.com - Bahaya Marah Ketika Kita Emosi. Marah merupakan gangguan emosional yang menyebabkan timbulnya racun atau toksin yang kuat dalam darah. Jika sampel darah orang yang marah diambil, kemudian disuntikkan ke kelinci percobaan maka kelinci itu akan mati dalam waktu kurang dari 2 menit. Hal itu terjadi karena toksin orang yang marah begitu kuat. Bisa bayangkan bagaimana pengaruh racun itu bagi tubuh jika terlalu sering marah?

Bahaya Marah Ketika Kita Emosi


Rasa marah biasanya sulit diredakan karena adrenalin, yaitu hormon yang menimbulkan rasa marah. Hormon ini juga memicu kita gampang marah kembali sebelum rasa marah itu hilang sama sekali. Sehingga marah bisa bertahan hingga waktu yang cukup lama.

Rasa marah biasanya terjadi tanpa adanya penyampaian pesan ke korteks. Korteks merupakan bagian otak yang bertugas berfikir dan menimbang. Itulah sebabnya marah seringkali dikatakan sebagai perbuatan yang terjadi tanpa pikir panjang atau tidak dipikirkan terlebih dahulu. Korteks bagian depan dapat menahan emosi sesuai dengan rangsangan atau amarah yang terjadi. Korteks bagian depan kiri dapat meredakan emosi melalui penilaian dan bertanggung jawab menjaga segala sesuatu agar terkontrol kembali. Itulah yang membuat aliran marah akan berhenti sebelum seseorang menjadi tidak terkontrol.

Marah juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Emosi yang meluap bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung atau bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan menyebabkan kematian mendadak.


EmoticonEmoticon