Bukti Nenek Moyang Manusia Kanibal

Evogood.com - Bukti Nenek Moyang Manusia Kanibal. Kanibalisme adalah fenomena di mana satu makhluk hidup memakan makhluk sejenis lainnya. Misalnya harimau memakan harimau atau manusia memakan manusia lainya. Terkadang fenomena ini disebut anthropophagus. Secara etimologis kata “kanibal” atau bahasa asingnya “cannibal” berasal dari kata Karibian, karena di daerah inilah pertama kali ditemukan fenomena ini. Beberapa Manusia yang ada diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia, memiliki kasus-kasus kanibalisme tersendiri. Bahkan suku-suku yang ada di Negara mereka, dikenal dengan nama suku kanibal. Lalu, bagaimana dengan Nenek Moyang manusia yang pernah dikabarkan memiliki sifat Kanibalisme yang tinggi ?

sumber gambar nationalgeographic.co.id

Situs Arkeologi telah membuktikan bahwa nenek moyang manusia memiliki sifat kanibalisme, meskipun sebelumnya terdapat keraguand alam hal ini. Penemuan tersebut menunjukan bahwa memang leluhur manusia melakukan pembantuan hingga memakan sesama untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Penemuan yang berupa sisa-sia situs arkeologi tersebut terleak pada Gua Gough si Somerset, Inggris. Ilmuan setempat meneliti adanya tanda-tanda pada tulang di situs ini. Melalui penanggalan radiokarbon mengungkapkan bahwa tulang terebut diketahui berasal dari 15.000 tahun yang lalu. Hal ini berhasil dilakukan oleh Tim Silviva Bello dari Natural History Museum di London.

“Kami menemukan bukti bahwa adanya peristiwa kanibalisme, seperti mengunyah daging manusia, menghancurkan tulang untuk diekstrak sumsumnya,” ujar Bello.

Berdasarkan temuan ini, para peneliti mengungkapkan bahwa nenek moyang manusia telah terbukti memiliki perlaku kanibalisme dan hal ini normal untuk mereka. (sumber referensi : national geographic indonesia dan wikipedia )