Ingus, Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh

Evogood.comIngus, Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh. Ingus merupakan sejenis lendir lengket yang berada di dalam rongga hidung. Biasanya  hidung akan mengeluarkan ingus ketika terkena flu. Ingus yang dikeluarkan tentu akan sangat mengganggu, Ingus seringkali  dianggap sebagai kotoran, namun ingus memiliki peran yang tidak bisa diremehkan. Ingus akan menangkap molekul-molekul bau dan akan menghubungkan lebih dari 100 reseptor bau dalam rongga hidung. 

Ingus, Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh

Ingus ternyata tidak hanya dihasilkan ketika flu saja. Setiap hari tubuh akan memproduksi 1-2 liter ingus.  Ingus yang dihasilkan setiap hari ternyata memiliki manfaat bagi tubuh. Kita tidak akan bisa mencium bau-bauan dengan baik tanpa adanya selaput lendir. Bahkan berbagai zat bahaya bisa menyusup dalam tubuh kita. Lendir lengket yang berada dalam rongga hidung tersebut kemudian akan menangkap partikel-partikel, seperti debu atau serbuk tanaman, dan kemudian akan melarutkannya. 

Ingus juga bisa menjaga kelembapan hidung, melawan infeksi dan iritasi. Pilek yang menyebabkan hidung buntu atau tersumbat  ternyata bukan karena ingus, melainkan karena pembengkakan dan inflamasi pembuluh darah di saluran pernafasan. Mengeluarkan atau mendorong  ingus terlalu keras akan menyebabkan terdorongnya  beberapa lendir infeksi ke dalam rongga sinus sehingga menimbulkan berkembangnya penyakit lain. Ketika terkena flu biasanya produksi ingus yang dihasilkan akan semakin banyak, oleh sebab itu gunakanlah sapu tangan untuk membuang ingus, agar ingus tidak terlalu mengganggu.


EmoticonEmoticon