Lima Penyakit Super Langka yang Wajib Diketahui

Evogood.comLima Penyakit Super Langka yang Wajib Diketahui. Sekarang ini banyak pengobatan canggih yang dapat mengobati berbagai penyakit. Meskipun begitu, sakit tetap saja tidak enak, apalagi jika sakitnya sulit disembuhkan dan tergolong langka. Selain membutuhkan biaya yang banyak, juga memakan waktu dan tenaga. Itulah sebabnya sehat tetap merupakan segalanya, dan menjaga kesehatan sudah menjadi kewajiban kita agar kita  bisa menjalani dan menikmati hidup dengan sebaik-baiknya. Berikut Lima penyakit super langka yang wajib kalian ketahui.

1. Penyakit Fields

Lima Penyakit Super Langka yang Wajib di Perhatikan

Penyakit ini tidak mempunyai nama medis, namun dokter menyebutnya sebagai penyakit neuromuskular. Penyakit ini dinamai setelah anak kembar dari Wales, Catherine dan Kristie mengalaminya. Ciri-ciri penyakit ini adalah otot-otot pada tubuh yang secara perlahan memburuk. Sehingga membatasi gerakan penderitanya, termasuk gerakan sederhana sekalipun. Penyakit yang lebih banyak menyerang perempuan ini belum diketahui penyebab dan pengobatannya. Sehingga dokter pun tidak yakin apa yang akan terjadi selanjutnya jika penderita penyakit ini semakin bertambah.

2. Morgellons

Lima Penyakit Super Langka yang Wajib di Perhatikan

Beberapa dokter percaya jika penyakit morgollons merupakan salah satu penyakit menular kronis. Di Amerika Serikat sekitar 2.000 orang percaya mereka menderita penyakit ini, termasuk anak-anak. Kondisi ini menyebabkan mereka tidak mampu melakukan hal-hal normal. Morgellons biasanya membuat luka serta melumpuhkan. Penyakit ini dimulai karena gigitan, kemudian muncul filamen yang tumbuh dari kulit dan lesi kulit. Penderitanya juga mulai kehilangan memori, ngilu sendi dan kelelahan. Hingga kini belum diketahui pengobatan yang efektif untuk penyakit ini.

3. Von Hippel-Lindau (VHL)

Lima Penyakit Super Langka yang Wajib di Perhatikan

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit genetik yang sangat langka. Pada penderitanya ditemukan tumor diberbagai bagian tubuh. Tumor tumbuh dalam sistem saraf pusat dan sering jinak yang terbuat dari pembuluh darah. Ahli medis menyebutnya sebagai hemangioblastomas . Tumor ini tumbuh dimulai dari retina, otak dan sumsum tulang belakang. Tumor berbeda juga tumbuh di pankreas, kelenjar adrenal dan ginjal. Sehingga penyakit ini menyebabkan stroke, serangan jantung dan kardiovaskuler.

4. Progeria Hutchinson Gilford

Lima Penyakit Super Langka yang Wajib di Perhatikan

Penyakit ini merupakan kondisi genetik yang terjadi karena mutasi baru. Orang mengenalnya dengan sebutan "progeria" dan hanya mempengaruhi 1 dari 8 juta anak yang baru lahir. Progeria ditandai dengan penampilan dramatis, cepat mengalami penuaan dan terjadi pada anak-anak. Penyakit ini bukan penyakit keturunan, meskipun ada juga kondisi orang tua yang membawa protein genetik dan menyebar pada anak mereka. Bayi yang mengalami kondisi ini hanya mampu bertahan hidup sampai usia 13 tahun, atau sampai usia awal dua puluhan namun sangat jarang. Hingga kini belum ada obat untuk penyakit ini. Untuk mengurangi sedikit beban penderita, dokter berusaha fokus pada pencegahan terjadinya komplikasi penyakit.

5. Microcephaly

Lima Penyakit Super Langka yang Wajib di Perhatikan

Penyakit ini biasanya diderita oleh ibu hamil. Di Amerika Serikat ada 1 dari setiap 666.666 perempuan yang melahirkan menderita penyakit ini. Jika seseorang terserang penyakit ini maka otak tidak dapat berkembang dengan baik, atau pertumbuhan berhenti sama sekali. Bayi yang menderita microcephaly memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kepala bayi yang lahir normal. Penderita penyakit ini biasanya memiliki mental terbelakang. Bahkan bisa meyebabkan penderitanya hiperaktif, kejang, masalah keseimbangan, masalah bicara dan motorik. Penyakit ini sering disamakan dengan down sindrom.


EmoticonEmoticon