Mitos Ratu Pantai Selatan

Evogood.com Seperti banyak yang mempercayai bahwa Nyi Roro Kidul ini, merupakan sosok ratu dan penguasa gaib keraton Pantai Selatan Jawa atau pula penunggu laut selatan Pulau Jawa. Selain itu, Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai Ratu Laut Selatan atau Gusti Kanjeng Ratu Kidul. Terbukti dengan banyaknya orang yang mengadakan upacara untuk menghormati sang Ratu Laut Selatan setiap tahunnya, terutama masyarakat Jawa kuno. Nah, di bawah ini terdapat beberapa fakta dan mitos seputar Nyi Roro Kidul yang menyebar di masyarakat. Cerita tentang keberadaan sosok Nyi Roro Kidul, masih kontroversial. Ada yang percaya, ada pula yang tidak percaya karena hanya bagian dari cerita rakyat saja. Kendati demikian, tak sedikit orang yang percaya, dengan adanya sosok sang penguasa Laut Selatan tersebut.



Sejauh ini terdapat berbagai pendapat seputar asal usul sosok Kanjeng Ratu Kidul. Ada yang mengatakan, Kanjeng Ratu Kidul sesungguhnya adalah Ratu Bilqis, isteri Nabi Sulaiman Alaihissalam. Dikisahkan, setelah wafatnya Nabi Sulaiman as., Ratu Bilqis mengasingkan dirinya ke suatu negeri. Di sana beliau bertapa hingga moksa atau ngahyang.

Legenda lain seputar Kanjeng Ratu Kidul adalah Dewi Nawang Wulan, sosok bidadari yang pernah diperisteri Jaka Tarub. Sedangkan kisah lain tidak secara spesifik menyebutkan asal Kanjeng Ratu Kidul, kecuali dia puteri seorang raja di Tanah Jawa.

Sinyalemen Kanjeng Ratu Kidul berasal dari Tanah Batak bukannya tanpa alasan. Isu ini pertama kali dibicarakan tahun 1985, ketika dalam suatu acara adat Batak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), beberapa orang mengangkat masalah ini. Tetapi rupanya tidak terlalu mendapat respon yang hadir. Isu pun tenggelam dengan sendirinya.