Pramuka Penegak di Mata Indonesia

Evogood.com - Pramuka Penegak di Mata Indonesia. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikian kepramukaan yang membina kaum muda guna mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga menjadi manusia yang sehat, terampil, berwatak, berkepribadiandan berakhlak mulia.

Gerakan Pramuka dalam proses menyelenggarakan pendidikan kepramukaan dan metode kepramukaan, yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, perkembangan bangsa dan masyarakat indonesia.

Pramuka Penegak di Mata Indonesia
gambar boyscout - fox5sandiego.com

1.Filosofi Pramuka Penegak

Dalam teori perkembangan,pada usia remaja terdapat tiga tahapan secara berurutan yaitu remaja awal,remaja madya dan remaja akhir (kimmel,1995:16). Pada tahapan remaja awal,tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikanadalah pada penerimaan terhadap keadaaan fisik dirinya dan menggunakan tubuhnya secara efektif.Remaja pada usia tersebut mengalami perubahan fisik yang sangat drastis,seperti pertumbuhan tubuh yang meliputi tinggi badan,berat badan,organ tubuh dan lainya.

2.Kiasan Dasar Pramuka Penegak

Pembinaan golongan Pramuka Penegak merupakan tahapan pembinaan setelah golongan pramuka penggalang.Jika Penggalang dikiaskan sebagai masa pemuda menggalang persatuan bangsa,maka penegak dikiaskan sebagainmasa pemuda menegakan kemerdekaaan bangsa.

Satuan terkecil dalam golongan pramuka ini disebut SANGGA,terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang.Arti kata ini adalah rumah kecil tempat penggarap sawah.

Sangga disusun sesuai dengan kiasan dasar yakni : Sangga Perintis,Sangga Penegas,Sangga Pencoba,Sangga Pendobrak,dan Sangga Pelaksana.Perintis mengandung pengertian pelopor dalam kebajikan.Pencoba berarti kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana.Penegas mengandung pengertian keberanian dan pendobrak mengandung pengertian keberanian mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran.

3.Sifat Kegiatan Kepenegakan

Sifat umum dari Pramuka Penegak adalah semangat juang yang tinggi,idealisme,kemauan yang kuat,percaya diri dan mencari jati diri se kreativ mungkin sampai peduli terhadap lingkungan masyarakat.Mengingat sifat umum tersebut maka sifat kegiatan kepenegakan secara umum masih memerlukan bimbingan orang dewasa dengan motto dari,oleh dan untuk Pramuka Penegak di bawah tanggung jawab orang dewasa.
Bentuk-bentuk kegiatan Kepenegakan meliputi :
  • Bina Diri
  • Bina Satuan
  • Bina Masyarakat
4.Organisasi Kepenegakan

A. Ambalan Penegak 

Ambalan idealnya teridiri dari 12-32 Pramuka Penegak yang dibagi menjadi 3-4 kelompok yang di sebut sangga.Ambalan ini menggunakan nama dan lambang yang dipilih mereka sesuai aspirasinya dan mengandung kiasan dasar yang menjadi motivasi kehidupan ambalan.

B. Dewan Ambalan Penegak (Dewan Penegak)

Dewan Penegak terdiri dari :
  • Ketua yang disebut Pradana
  • Sekretaris yang disebut Kerani
  • Bendahara
  • Pemangku adat
  • Anggota
Pembina wajib tidak masuk dalam Dewan Ambalan ini hanya saja pembina mendapatkan tugas sebagai penasehat,pendorong,pengarah,pembimbing dan mempunyai hak dalam mengambil keputusan terakhir. 

C. Dewan Kehormatan Penegak

Untuk mengembangkan kepemimpinan dan rasa tanggung jawab maka dibentuklah Dewan Kehormatan Penegak yang terdiri atas para anggota ambalan yang sudah dilantik dan di kepalai oleh pemangku adat.
Tugas dari Dewan Kehormatan Penegak ini adalah untuk menentukan :
  • Pelantikan,penghargaan atas prestasi atau jasanya dan tindakanya atas pelanggaan terhadap kode kehormatan
  • Peristiwa yang menyangkut kehormatan pramuka penegak
  • Rehabilitasi anggota ambalan penegak