3 Cara Ini Sudah Bisa Buat Ketiakmu Mulus Dan Bersih

Evogood.com Ketiak atau dalam bahasa Latin disebut axilla adalah daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas denganbahu. Ketiak dikenal sebagai salah satu bagian tubuh yang sensitif saat digelitik dan sebagai salah satu bagian tubuh yang agak tersembunyi.Secara anatomis, ketiak diikat pada bagian anterior oleh otot pectoralis major dan otot pectoralis minor, dan bagian posterior olehotot subscapularis dan tulang belikat. Kemudian di bagian medialnya oleh otot serratus anterior serta bagian lateral oleh otot coracobrachialis dan bagian caput brevis dari otot biceps brachii.Rambut ketiak selalu tumbuh di ketiak, baik pada pria maupun wanita. Pertumbuhan rambut ini dimulai pada saat masa pubertas. 



Biasanya pada wanita, rambut tersebut dicukur dengan alasan estetika. Pria biasanya tetap membiarkan rambut tersebut tumbuh dan hanya dicukur bila sudah cukup lebat. Akan tetapi, kini banyak pria yang juga mencukur rambut ketiaknya untuk menjaga popularitasnya sebagai seorang model atau seorang atlet, dan lain sebagainya.

Para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri. Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri.Siapa sih yang nggak ingin punya ketiak yang mulus dan bersih? Kebanyakan perempuan tentunya menginginkan ketiak yang mulus agar bisa tampil percaya diri dengan baju-baju tak berlengan. 

Nah, ternyata, kamu nggak perlu melakukan perawatan mahal untuk mendapatkan pretty armpit ini, lho. Hanya dengan 3 hal ini, kamu sudah bisa tampil cantik dengan ketiak yang mulus dan bersih. :

1. Exfoliating

Exfoliating sangat penting untuk menghilangkan kulit mati pada ketiak. Kamu bisa pilih exfoliator gel yang nggak nggak terlalu kasar agar kulit ketiakmu nggak jadi tipis dan tetap sehat. Untuk cara yang lebih alami, kamu juga bisa kok menggunakan gula, kopi, atau garam yang dioleskan ke ketiakmu sebagaiscrub. 

2. Waxing atau shaving?

Untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada ketiak, kamu harus menemukan metode yang tepat. Shaving atau waxing sebenarnya nggak masalah asal kamu melakukannya dengan tepat dan nggak melukai kulit. Jangan lupa gunakanlotion agar kulit nggak iritasi dan panas setelah proses pencukuran. 

3. Pintar pilih deodorant

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum membeli deodorant,misalnya bebas alkohol, tanpa embel-embel whitening, mengandung anti perspirant untuk menghilangkan bau badan, dan nggak mengandung parfum. Jika kamu sudah menemukan deodorant yang tepat, kulit ketiakmu juga akan lebih bersih.