5 Tips Hilangkan Ngantuk Saat Puasa

Evogood.com Perubahan pola makan saat puasa memengaruhi metabolisme tubuh. Dan, serangan kantuk yang muncul saat puasa itu umumnya terjadi akibat penurunan kadar glukosa darah di otak sehingga memengaruhi suplai oksigen. Oleh sebab itu kita kerap kali kantuk / ngantuk pada saat menjalankan ibadah puasa, bukan akibat lelah ataupun kurang tidur akibat bangun makan sahur.Dikutip dari laman life.viva.co.id, otak mengonsumsi 60 persen glukosa tubuh sebagai asupan energi. Karenanya, jika suplai glukosa terhambat jelas akan memengaruhi kinerja dan daya konsentrasi otak. Mengapa rentan muncul di siang hari? Ini karena di siang hari, tubuh cenderung mulai kehilangan energi cadangan untuk memaksimalkan kerja otak dan sistem tubuh lainnya.Selain karena menurunnya kadar glukosa, mengantuk ketika berpuasa juga bisa disebabkan karena adanya penurunan asupan zat besi dalam tubuh juga. Ingat, jumlah zat besi yang cukup akan membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak sehingga mengurangi rasa kantuk.


Meski mengantuk saat berpuasa adalah hal yang biasa dan lumrah, namun jika ini dibiarkan tanpa adanya tindakan tentu akan mengganggu dan menurunkan kualitas kinerja dan aktivitas kita sehari-hari.
Karenanya tak hanya kantuk, tapi juga mudah merasa lemas.

Penurunan asupan zat besi dalam tubuh juga bisa memicu kantuk lebih cepat muncul. Ingat jumlah zat besi yang cukup membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak sehingga mengurangi rasa kantuk. Meski lumrah, coba minimalisir serangan kantuk saat puasa dengan beberapa tips berikut yang mana mungkin tips ini bisa anda coba dengan sendirinya saat sahur malam nanti :

1. Makan Nasi Saat Sahur

Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur. Beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karena karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh. Yang artinya, lebih lama menyimpan energi. Anda pun jadi tetap segar selalu sepanjang hari selama puasa.

2. Saat Sahur Perbanyak Minum Air Putih

Minum sedikitnya delapan gelas air putih selama jeda buka puasa hingga sahur. Konsumsi air putih yang cukup membantu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga tubuh tetap segar.Jika anda memang seorang yang saat puasa sangat mengalami dan merasakan kelelahan yang sangat maka saat sahur anda jangan minum yang lain kecuali minum air putih.

3. Makan Buah Saat Sahur 

Terutama saat sahur. Pastikan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Kiwi, jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, nanas, bisa menjadi pilihan.

4. Atur Jam Tidur

Pola tidur saat biasa mungkin berbeda dengan pola tidur dengan disaat bulan ramadhan maka dari itu anda harus mengatur atau memanajemankan waktu tidur anda supaya anda tidak merasakan ngantuk yang sangat saat menjalani ibadah puasa di bulan suci ini.

5. Cukupi Kebutuhan Dengan Zat Besi

Sumber zat besi bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung, katuk.
Masih banyak lagi sebenarnya macam sayuran yang berzat besi lainya tetapi setidaknya anda mengkonsumsi anjuran sayur yang sudah dijelaskan diatas tadi.