5 Tips Mengkilapkan Batu Akik

Evogood.com Batu akik sudah sangat banyak dikenakan oleh berbagai macam kalangan.Banyak macam batu akik yang terdapat di pasaran.Harga yang dipatok juga bermacam-macam tergantung dari tingkat kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik tersebut.Semakin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal.Bahkan ada beberapa batu akik yang memiliki harga hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dikarenakan uniknya pola yang dihasilkan dari batu akik itu sendiri.Salah satu kriteria supaya batu akik tersebut memiliki harga mahal adalah kadar mengkilapkan batu akik tersebut.Semakin mengkilap dan bening batu akik tersebut, maka akan semakin meningkatkan harga dari batu cincin,karena visitor lebih menyukai desain warna dan kejelasan dari suatu batu akik tersebut



Sebaiknya rawatlah dengan baik dan benar agar selalu menampilkan keindahan yang maksimal.
Di bawah ini adalah beberapa cara mengkilapkan batu akik secara tradisional yang bisa Anda coba :

1. Menggosok Dengan Daun Pisang Kering

Ini adalah cara yang sering digunakan oleh nenek moyang kita untuk memperindah batu akik. Meskipun cara ini dirasa masih kuno, namun ternyata sejauh ini masih dianggap ampuh untuk menambah kilauan dari batu akik.

Senyawa yang ada pada daun pisang kering (jawa: klaras) dapat membuat batu akik menjadi lebih mengkilap. Caranya cukup sederhana dan simple, cukup ambil beberapa daun pisang kering, lalu gosok-gosokkan searah pada batu akik kalimaya. Lakukan secara rutin, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggosok Dengan Kulit

Cara ini adalah cara yang lazim digunakan oleh para kolektor akik saat ini. Cara yang terbilang sederhana namun bisa menghasilkan kilauan batu akik yang menawan. Kulit adalah salah satu media yang bisa membuat batu akik semakin mengkilap.

Itu disebabkan karena kulit bisa mengeluarkan minyak alami yang sangat berguna untuk meningkatkan keindahan batu akik kalimaya. Kulit yang bisa Anda gunakan usahakan yang sudah tidak terpakai, misalnya kulit pada bekas sabuk, atau bisa juga kulit pada bekas dompet Anda. Cukup gosokkan batu akik pada kulit searah seperti biasanya.

3.Menggosok Dengan Bambu

Salah satu cara yang digunakan oleh tetua terdahulu kita untuk merawat batu akik adalah dengan menggunakan media bambu. Dengan memanfaatkan kehalusan tekstur pada kulit bambu, ternyata sangat membantu meningkatkan kadar kemengkilapan akik  Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggosokkan batu akik kalimaya pada bambu.

4.Merendam Dengan Air Kelapa

Cara yang saat ini paling populer dikalangan akik mania. Cara ini sangat sederhana, cukup memasukkan batu akik kalimaya dalam air kelapa muda, bisa di dalam gelas atau mangkuk. Lebih baik rendam dengan wadah yang bisa ditutup, agar air kelapa tidak tercampur dengan air atau zat yang lain. Diamkan beberapa saat, atau semalam saja kemudian esok pagi ambil batu tersebut lalu lap dengan kain lap yang lembut, maka batu akan terlihat semakin indah dan mengkilap.

5.Menggosok Dengan Kertas Pasir / Amplas

Yang paling utama dalam penggosokan batu akik  adalah pemilihan kertas pasir yang tepat. Pilihlah kertas pasir atau amplas yang lembut, dengan ukuran 1200 atau 1500. Atau kalau Anda ragu, tanyakan pada penjual kertas pasir yang paling halus.

Kalau sudah didapatkan, amplas bisa Anda gunakan untuk segera memperindah batu akik. Caranya sederhana saja, gosok dengan perlahan batu akik dengan amplas. Gosok dengan gerakan satu arah agar membuat batu akik kalimaya Anda semakin indah. Cara ini sangat cocok untuk batu akik yang masih belum mengkilap.