Bahaya Ketombe Jika Terus Ada Di Kepalamu

Evogood.com Kulit kepala yang berketombe tidak identik dengan rambut yang kotor ataupun malas berkeramas, tetapi terkadang bisa timbul akibat ketidakcocokan dengan beberapa produk shampo, maupun cara menata rambut yang tidak sesuai. Contohnya adalah Beberapa pewarna rambut dan produk styling dapat meninggalkan residu, serpihan kering atau memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe. Jika Anda memiliki ketombe, jika tidak rajin mencuci rambut Anda akan membuat ketombe Anda lebih parah karena sel-sel kulit mati menumpuk. Anda mungkin ingin mencoba produk rambut yang berbeda untuk mengurangi ketombe Anda Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya perhatian Anda terhadap rambut. Berawal dari hal kecil, membersihkan rambut secara rutin itu sangat penting untuk kesehatan rambut. Pemberian nutrisi yang tepat juga membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda. Jika Anda termasuk orang yang memiliki aktivitas padat, kerap terpapar sinar matahari yang terik. Anda dapat terserang ketombe karena kulit kepala Anda yang berkeringat.



Begitu juga jika Anda adalah orang dengan penutup kepala (hijab) bisa terserang ketombe jika tidak benar-benar memperhatikan kesehatan rambut Anda. Kulit kepala yang kotor, lembab, berkeringat menjadi pemicu awal terbentuknya ketombe. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips ampuh mengatasi ketombe anda.

Hingga kini belum ada satu kepastian yang menjadi penyebab ketombe. Beberapa ahli mengatakan bahwa jamur adalah sumbernya. Hal ini dilandasi pengertian bahwa jamur dapat berkembang biak dengan pesat pada bagian folikel rambut yang memproduksi kelenjar sebum.

Sebum yang terlalu banyak dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Selain itu jamur juga tumbuh pada rambut yang jarang terkena sinar matahari. Salah satu cara untuk mencegah ketombe adalah jangan menggunakan helm ketika rambut basah. Karena hal ini dapat merangsang timbulnya jamur. Sebaiknya keringkan dahulu di dengan handuk dan jemur sebentar.

Ketombe atau dalam istilah medis disebut juga pytiriasis sicca disebabkan oleh jamur Mallasezia. Seperti halnya infeksi jamur lainnya, kondisi ini bisa diatasi dengan pengobatan. Tapi berbahayakah jika tidak diobati?

"Berbahaya dalam tanda kutip ya, karena tidak sampai mematikan atau meninggal, tapi mengganggu secara estetik," kata dr Lili Legiawati, SpKK dari Poliklinik Kulit dan Kelamin RS Cipto Mangunkusumo,

Pengobatan untuk mengatasi ketombe bisa dilakukan dengan berbagai produk perawatan rambut yang mengandung anti jamur, misalnya zinc pyrition dan selenium sulfid. Ada juga pengobatan yang diberikan dalam bentuk salep atau bahkan dengan obat telan.

Kadang-kadang, penggunaan produk perawatan rambut dengan kandungan antiketombe bisa menyebabkan efek samping berupa kulit kepala yang menjadi lebih kering. Namun efek tersebut hanya bersifat sementara, akan berhenti setelah pengobatan dihentikan.