Hidup Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

Evogood.com Sebenarnya apa sih yang kita cari dalam kehidupan ini? Apakah menjadi orang kaya, atau menjadi pejabat, atau ingin menjadi orang berilmu, atau ingin menjadi yang lain. Artinya hidup ini tidak bisa lepas dari belajar dan mengajar. Hidup adalah suatu anugrah dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.Bagaimana tidak,menjadi mahluk yang paling sempurna yaitu manusia kita memiliki berbagai macam kelebihan yang sangat lebih daripada mahluk yang lain.Apa arti dari semua kesuksesan kalau pada akhirnya kita tidak menjadi pribadi yang bermanfaat buat orang lain. Bukankah kita tahu bahwa kita tidak akan mungkin bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Belum ada dalam sejarah, ada orang yang bisa mengukir kesuksesan-Nya dengan kemampuannya sendiri. Hal ini sudah menjadi kodrat manusia yaitu makhluk sosial. Maka dari itu manusai akan selalu membutuhkan satu sama lain untuk bisa bertahana hidup dan mencapai impian dalam hidup.



Inilah manusia yang memiliki kelebihan daripada yang lain.Belum lagi dengan banyaknya manfaat pada diri manusi.Bagaimana cara kita bermanfaat untuk orang lain ?
Orang yang baik adalah orang yang bermanfaat kepada orang lain,tampa bermanfaat kepada orang lain kita tidak akan disebut dan dipandang baik.

Bagaimana mungkin hanya dengan diam,tidak bermanfaat,orang mengatakan baik kepada anda ?
Berbuat baik dan bermanfaat kepada orang lain merupakan hal yang sulit.Mengenal aspek manusia yang selalu tamak dan berbeda-beda antara satu manusia dengan yang lainnya.
Inilah manusia begitu banyak perbedaan tapi memiliki nilai pelajaran sendiri-sendiri.

Bermanfaat kepada orang lain seperti membantu nenek yang sedang menyebrang jalan,membantu orang tua yang mengakat barang bawaan yang berat,membantu orang tua yang kesulitan,hingga membantu untuk memberikan bantuan baik berupa materiil dan non materiil.

Jawabannya memang sulit,tapi jika kita terbiasa selalu berlomba untuk memberikan manfaat diri kita kepada orang lain,tentunya akan terbiasa.Kalau sudah terbiasa adalah hal yang mudah.Seperti kisah seorang persahabatan,yang kehausan tetapi mempunyai satu cengkuk air saja.Sahabat yang satu dengan yang lainnya berlomba-lomba untuk memberikan minumman yang satu cengkuk kepada sahabat yang lain hingga tidak memikirkan kepentingan dirinya.