Ini Bahaya Jika Anda Tidak Sahur

Evogood.com Sahur adalah salah satu sunah rosul yang mana jika kita ingin berpuasa pastilah kita sahur terlebih dahulu sebelum berpuasa.Di agama islam sahur merupakan suatu kewajiban jika seorang muslim ingin berpuasa.Apalagi sekarang sudah jatuh bulan ramadhan yang mana semua muslim wajib menunaikan ibadah puasa.Jika anda berpuasa wajiblah anda sahur jika tidak maka akan menyebabkan beberapa penyakit yang muncul.Disini author akan membagi berita yang telah dikutip oleh detik 
Kondisi tubuh saat malam hari yang terlalu lelah sering membuat orang malas bangun untuk makan sahur. Padahal makan sahur sangat penting karena memberi cadangan asupan nutrisi selama seharian penuh. Lantas adakah pengaruhnya terhadap tubuh jika terlalu sering berpuasa tanpa makan sahur?



"Sebenarnya tidak ada bahayanya, kecuali tubuh saat itu memang sedang sakit dan tidak bugar. Kalau kondisinya seperti itu sebaiknya memang tetap makan sahur atau tidak berpuasa," papar Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, spesialis gizi, 

Menurut Dr Tirta, tubuh manusia sangat mampu bertoleransi terhadap kondisi tertentu. Sebab, tubuh manusia bisa bertahan seharian tanpa makanan. Yang menjadi masalah justru efek yang diakibatkan karena tubuh kekurangan asupan cairan. Seperti sudah diketahui, tubuh manusia lebih sulit bertahan tanpa air dibandingkan tanpa makanan.

"Biasanya saat sahur kan kita juga banyak minum air putih untuk cadangan cairan selama seharian penuh, namun karena tidak bangun sahur berarti tidak ada juga asupan cairan yang cukup untuk berpuasa seharian. Ini yang berbahaya," tutur Dr Tirta.

Pernyataan tersebut diamini oleh dr Phaidon L Toruan, seorang praktisi kesehatan, saat dihubungi oleh detikHealth. Menurutnya, jika kurang cairan selama seharian penuh maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Pada akhirnya dehidrasi ini dapat memberi dampak terhadap aktivitas sehari-hari.

"Salah satunya adalah menjadi lemas dan sulit fokus. Kadang kondisi tersebut dirasa hanya karena seharian tidak makan saja, padahal ada beberapa faktor lain termasuk kurang asupan cairan atau dehidrasi," terang dr Phaidon.

Dr Tirta menyarankan sebaiknya memang disempatkan untuk bangun untuk makan sahur, meskipun tubuh dirasa sedang lelah. Selain membantu agar aktivitas sehari-hari tak terganggu, sahur juga memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap seimbang dan mencegah penurunan daya tahan tubuh.

Jika memang tidak sempat sahur, pastikan saat sahur dan berbuka dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yang hilang. Dengan begitu maka cairan tubuh akan tetap seimbang. Hitung kebutuhan cairan tubuh dengan menggunakan rumus 0,03 x berat badan (dalam kg). Misalnya seseorang memiliki berat badan 55 kg, maka kebutuhan cairannya adalah 0,03 x 55 = 1,65 liter air.

"Tidak selalu kebutuhan cairan per hari itu 2 liter untuk semua orang. Dengan menggunakan rumus ini, maka orang-orang bisa tahu seberapa banyak sebenarnya cairan yang dibutuhkan. Kebanyakan setelah berbuka cepat merasa cukup minum, padahal sebenarnya tubuh masih butuh," tutur dr Phaidon.