Ternyata Donor Darah Bisa Buat Tubuh Langsing

Ternyata Donor Darah Bisa Buat Tubuh Langsing Terkadang, kita enggan untuk donor darah karena takut pada jarum dan hal lainnya. Padahal, donor darah bisa bikin tubuh kita lebih langsing dan bugar, lho. Apa lagi keuntungan donor darah, ya Berikut Keuntungan dari donor darah :

1.Menurunkan Berat Badan

Sudah mencoba berbagai cara diet tapi tubuh belum juga ramping? Yuk, coba cara alami yang menyehatkan dan bisa membantu sesama yang membutuhkan dengan mendonorkan darah! Menurut penelitian, donor darah merupakan salah satu metode diet yang ampuh untuk membakar kalori. Setiap kita mendonorkan darah sebanyak 540ml maka tubuh telah membakar 650 kalori. Ternyata, jumlah kalori tersebut cukup untuk membuat pinggang kita meramping, lho!

Ternyata Donor Darah Bisa Buat Tubuh Langsing




2.Mendongkrak Produksi Sel Darah Merah

Setiap kali kita mendonorkan darah maka tubuh akan mendapat pasokan darah baru. Donor darah memang bermanfaat menstimulasi pembuatan darah baru dalam tubuh. Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh karena tubuh tak membutuhkan sel darah merah berlebihan. Tidak perlu panik, donor darah nggak akan membuat tubuh kita lemas dan mengurangi sel darah merah karena sumsum tulang belakang otomatis akan mengisi ulang sel darah merah yang hilang akibat donor darah.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung termasuk penyakit mematikan. Kita tentu nggak ingin kesehatan jantung kita terganggu, bukan? Donor darah merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung karena tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit jantung. Tidak hanya itu, zat besi yang berlebihan di dalam darah juga bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produksi oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini artinya kita memberikan peluang besar untuk terkena jantung dan stroke. Dengan rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil. Ini artinya kita telah melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung.

4.Mendeteksi Dini Penyakit

Manfaat lain yang bisa kita rasakan jika rajin mendonorkan darah adalah kita akan mendapatkan pemeriksaan penyakit yang serius, sepert penyakit HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis dan malaria secara cuma-cuma. Pemeriksaan penyakit sangat perlu dilakukan untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui tranfusi darah. Nah, pemeriksaan tersebut menjadi deteksi dini terhadap penyakit sehingga kita lebih menjaga kondisi kesehatan kita sendiri dengan lebih baik dan benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

5.Memperpanjang Usia

Kegiatan donor darah akan memberikan dampak psikologis yang baik, yaitu perasaan bahagia dan senang karena kita sudah dapat membantu orang. Menurut penelitian, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan tetap merasa bugar dan sehat. Jadi, mulailah untuk rajin mendonorkan darah untuk memperpanjang usia dengan tubuh yang sehat dan dapat memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Setuju ?