Tujuh Fenomena Unik Black Hole, Lubang Hitam

Evogood.com Tujuh Fenomena Unik Black Hole, Lubang Hitam. Lubang hitam adalah benda luar angkasa yang aneh dan paling menarik untuk dipelajari. Mereka adalah obyek densitas ekstrim, dengan gaya tarik gravitasi yang sangat kuat, bahkan cahayapun tidak dapat melarikan diri dari genggaman lubang hitam bila mereka terhisap. Lubang hitam atau dikenal dengan nama "Black Hole" terbentuk apabila sebuah bintang telah habis bahan bakarnya dan hancur ke dalam dirinya sendiri. Gaya gravitasi yang tercipta karena hancurnya bintang tersebut, sangat kuat dan lebih besar dari pada energi atom bahkan nuklir. Pada dasarnya Black Hole atau lubang hitam sangat terikat akan hukum fisika terutama hukum gravitasi. Banyak spekulasi dan pendapat tentang keberadaan dan apa sebenarnya black hole tersebut. Bahkan ada yang berpendapat bahwa Black Hole merupakan lubang cacing (warm hole) yang berfungsi sebagai jembatan antardimensi atau waktu. 

Tujuh Fenomena Unik Black Hole, Lubang Hitam

Pendapat tersebut tidak memiliki bukti otentik yang jelas, akan tetapi Black Hole memiliki beberapa karakteristik unik yang perlu kalian pahami. Berikut Evogood akan memberikan tujuh fakta unik tentang Black Hole yang dikutip dari buku 50 Misteri Dunia Menurut Al-Qur'an.

  1. Black Hole memiliki berat dan massa yang berbeda-beda.
  2. Black Hole dapat lahir dan mati. Pada awalnya, ilmuan berpendapat bahwa Black Hole atau lubang hitam tidak akan mati. Tetapi, fisikawan Stephen Hawking membuktikan hal ini pada tahun 1974 dengan menggunakan hukum mekanika kuantum untuk mempelajari wilayah dekat dengan horizon lubang hitam. Jadi, Black Hole dapat menguap dan perlahan-lahan energinya kembali ke alam semesta
  3. Black Hole Tidak Memancarkan Radiasi
  4. Untuk menjadi sebuah lubang hitam, diperlukan minimal 3 kali massa bintang.
  5. Black Hole dapat perputar dengan sumbu dan kecepatan rotasi tertentu.
  6. Black Hole bersifat massive, dalam arti menyerap partikel apapun yang berada di radius Black Hole. Dan untuk menghindari hisapan lubang hitam tersebut, diperlukan kecepatan di atas kecepatan cahaya, akan tetapi tidak yang dapat melebihi kecepatan cahaya.
  7. Black Hole dapat bergabung dengan black hole lainya sehingga menjadi satu Lubang Hitam yang lebih besar.