Al-Qur’an: Surga Identik Dengan Warna Hijau Terbukti Ilmiah

Terdapat banyak perkataan “hijau” di dalam ayat Al-Qur’an yang menjelaskan keadaan penghuni syurga ataupun segala yang ada disekelilingnya, berupa kenikmatan, suasana, kesenangan, dan ketenangan jiwa. Contohnya ialah di dalam surah Al-Rahman:

متّكئين على رفرفٍ خضرٍ وعبقريٍ حسان (الرحمن: 76)

Maksudnya: “Penduduk syurga itu (bersenang-senang di dalamnya dengan) berbaring di atas (bantal-bantal dan) cadar-cadar yang hijau warnanya serta permaidani-permaidani Yang sangat indah”. (QS. Al-Rahman: 76)

عاليهم ثياب سندسٍ خضر وإستبرق وخلوا أساور من فضّة وسقاهم ربّهم شرابا طهورا (الإنسان: 21)

Maksudnya: “Mereka di dalam syurga memakai pakaian hijau yang diperbuat dari sutera halus dan sutera tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang tangan dari perak; dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka Dengan sejenis minuman (yang lain) yang bersih suci”. (Q.S. Al-Insan: 21)

ويلبسون ثيابا خضرا من سندس وإستبرق (الكهف: 31)

Maksudnya: “Mereka itu, disediakan baginya syurga yang kekal, yang mengalir di bawahnya beberapa sungai; mereka dihiaskan di dalamnya dengan gelang-gelang tangan emas, dan memakai pakaian hijau dari sutera yang nipis dan sutera tebal yang bersulam; mereka berehat di dalamnya dengan berbaring di atas pelamin-pelamin (yang berhias). demikian itulah balasan yang sebaik-baiknya dan demikian itulah syurga tempat berehat yang semolek-moleknya. (Q.S. Al-Kahf: 31)


Salah seorang pakar psikologi, Ardatsham, berkata, “Sesungguhnya pengaruh warna terhadap manusia sangat besar, dan saya pernah melakukan sejumlah penelitian dan menjelaskan bahwa warna berpengaruh terhadap kejiwaan dan semangat kita; merasa panas; atau dingin; atau nyaman; atau bahagia; bahkan sangat berpengaruh terhadap keperibadian seseorang dan berpengaruh terhadap kehidupan.

Sebuah Rumah Sakit pernah mengundang beberapa pakar untuk memberikan saran bagi warna dinding ruang pasien rumah sakit atau warna dinding Rumah Sakit, sehingga bisa membantu dalam mengobati mereka. Rumah Sakit juga meminta saranan untuk warna terbaik untuk pakaian pasien rumah sakit itu. Sejumlah eksperimen sudah membuktikan bahwasanya warna kuning bisa membangkitkan semangat di saraf pusat. Adapun warna ungu bisa membangkitkan ketenangan; serta warna biru, bisa membuat seseorang yang melihatnya merasa dingin. Sebaliknya, warna merah maka seseorang yang melihatnya akan merasa panas atau gersang. Dan para pakar tersebut berkata bahwa warna yang dapat membangkitkan kebahagiaan, gembira, bersemangat hidup ialah warna hijau.

Oleh kerena itu, warna yang cocok untuk ruang pembedahan, pakaian para ahli bedah dan pakaian orang sakit adalah warna hijau. Sebuah pengalaman unik telah terjadi di London, di kawasan Black Fryer yang dikenal dengan “kawasan bunuh diri” karana sering terjadi kejadian bunuh diri di kawasan ini. Lalu diadakan perubahan warna dari warna gelap gurun ke warna hijau metalik. Setelah dilakukan ternyata terjadi penurunan jumlah peristiwa bunuh diri dengan sangat signifikan. Warna hijau juga bisa membuat pandangan mata menjadi nyaman.