Gabung Ke Mantan Klub Ronaldo, Martunis Korban Tsunami Aceh Jadi Pemberitaan Media Asing

Evogood.com Bocah korban tsunami tahun 2004 yang memakai kostum timnas Portugal, resmi bergabung dengan klub papan atas Portugal, Sporting Lisbon. Pemuda berusia 17 tahun diperkenalkan sebagai pemain Sporting dalam Gala Honoris Sporting, Rabu (1/7/2015) waktu setempat. Martunis akan membela Sporting U-19. Kabar bergabungnya Martunis ini rupanya turut mengundang perhatian dari media asing. Salah satunya media papan atas Inggris Dailymail yang menempatkan berita Martunis di halaman utama kanal olah raga mereka. Dailymail memberi judul "Dari Korban Tsunami menjadi bintang Sporting" dalam artikelnya. Dalam artikel tersebut, Dailymail memuat cerita mulai dari Martunis selamat dari tsunami hingga akhirnya resmi berkostum klub berjuluk Sportinguistas tersebut.



Martunis sudah berada di Lisbon sejak 29 Juni lalu. Ia dibantu orang tua angkatnya, Munawardi saat mengurus kepergiannya ke Portugal. Selain mengurus kepindahan ke Sporting, Martunis juga akan bertemu dengan pemain idolanya, Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya, Martunis mengungkapkan kebahagiaannya usai diberikan kesempatan untuk bermain bersama Sporting. Saat berada di Indonesia, Martunis pernah mengikuti trial bersama Persiraja Banda Aceh.

"Saya bahagia bisa berada di Sporting. Saya sangat berterima kasih dengan kesempatan ini. Viva Sporting," ucap Martunis.

Sedangkan Presiden Sporting Bruno de Carvalho berharap Martunis bisa berkembang selama berada di akademi Sporting. "Kami akan membantu perkembangannya sebagai seorang pemain dan juga manusia," ia menuturkan.

Pencapaian Martunis amat luar biasa karena saat di Indonesia karier sepak bolanya cenderung biasa-biasa saja. Ia tak pernah masuk Timnas Indonesia. Namun, agaknya Sporting punya penilaian berbeda ke sang pemain.


Duta Besar Portugal untuk Indonesia Joaquim Moreira De Lemos, mengatakan bahwa Martunis, anak angkat bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, saat ini sudah bergabung dengan klub papan atas Sporting Lisbon untuk berlatih sambil sekolah.

"Saya baru saja mendapat kabar bahwa wakil presiden klub Sporting Lisbon Torres Pereira, secara langsung sudah mengumumkan bahwa Martunis secara resmi sudah bergabung sudah diterima untuk berlatih sambil belajar di klub itu," kata Moreira De Lemos kepada Antara di kantornya di Jakarta.

Sporting Lisbon adalah klub sepak bola di Portugal tempat Cristiano Ronaldo dibina sejak remaja sebelum kemudian pindah ke Manchester United dan Real Madrid.

Menurut Moreira, bergabungnya Martunis yang sekarang berusia 18 tahun, diumumkan secara langsung oleh Torres Pereira dalam sebuah malam peringatan ulang tahun ke-109 klub tersebut yang dihadiri oleh ribuan orang.

Moreira kemudian memperlihatkan foto-foto yang diunduh dari koran Portugal ketika Martunis yang berpakaian jas warna hitam berfoto bersama Torres Pereira.

"Malam ini saya ingin mengajak Anda untuk mengingat kembali seorang anak yang dulu pernah menjadi berita karena selamat dari tsunami di Aceh dengan seragam tim nasional Portugal, sekarang dia ada di tengah-tengah kita dan akan berlatih sambil sekolah di Sporting Lisbon," kata Pereira seperti yang ditirukan oleh Moreira.