Alasan Mengapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tidak Punya Lirik

Lagu kebangsaan adalah salah satu hal terpenting bagi setiap negara di dunia. Jika Jepang di kenal memiliki lagu kebangsaan paling pendek di dunia dan Yunani di kenal sebagai pemilik lagu kebangsaan terpanjang di dunia, maka yang satu ini tidak kalah uniknya yaitu Spanyol yang ternyata lagu kebangsaan milik jepang tidak memiliki lirik, kok bisa?

Penetapan lagu kebangsaan memang menjadi hal yang sangat rumit di negeri matador ini. Ya, Spanyol memang dikenal dengan keunikannya yang lagu kebangsaannya yang tidak memiliki kata-kata atau tidak memiliki lirik. Jika kamu perhatikan dibeberapa perhelatan akbar seperti olimpiade, maka kamu tidak akan mendengar sebuah lirik pada lagu kebangsaan Spanyol namun hanya berupa lantunan musik saja.

Alasan Mengapa Lagu Kebangsaan Spanyol Tidak Punya Lirik

Seperti yang dilansir evogood.com dari top tour of Spain, Senin (3/8), sebenarnya lagu kebangsaan Spanyol sudah ada sejak tahun 1761. Pertama kali lagu kebangsaan itu dikenalkan berjudul La Marcha Grananedera, tapi akibat adanya pergantian kepemimpinan di negara itu, Raja Carlos III pun mengubah judul lagu kebangsaan spanyol menjadi Marcha Real. Pergantian ini juga diikuti dengan pergantian lirik seperti yang dikehendaki oleh sang penguasa. Belum selesai masa kekuasaan Raja Carlos, perang besar di Eropa pun terjadi sehingga Raja Carlos lengser dan lagu kebangsaan Spanyol diganti menjadi El Himno de Riego sepanjang tahun 1931-1939.

Setelah tahun 1939, Spanyol berada di penguasa tangan Franco dan pada akhirnya melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Raja Carlos yaitu mengembalikan lagu kebangsaan seperti pada masa kekuasaan Raja Carlos dengan mengganti judulnya menjadi La Marcha Grananedera. Franco berkuasa hingga tahun 1975 dan setelah dia turun tahta, pertentangan soal lagu kebangsaan kembali terjadi yang membuat pemerintah berikutnya memutuskan untuk menghapus lirik lagu kebangsaan itu dan spanyol secara resmi tidak memiliki lirik untuk lagu kebangsaannya terjadi pada tahun 1978.

Sebenarnya pada tahun 2007 pemerintah spanyol pernah melakukan kontes pemilihan lirik lagu kebangsaan yang kemudian dimenangkan oleh Paulino Cubero (52). Paulino Cubero adalah warga yang berasal dari Madrid. Sialnya, lirik lagu Paulino Cubero tersebut tidak diterima oleh masyarakat dan beberapa anggota dewan. Protes pun terjadi hingga pemerintah menarik lirik tersebut yang hanya bertahan beberapa hari saja. Setelah kasus tersebut, hingga hari ini pemerintah Spanyol memutuskan untuk menggunakan lagu kebangsaan yang tidak memiliki lirik. 

Unik kan? berarti warga negara Spanyol tidak harus menghafalkan lirik lagu kebangsaannya seperti halnya dengan negara lainnya.