Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

Cara Menambah Berat Badan. Punya berat badan dan tinggi yang ideal, adalah dambaan setiap orang. Namun, jika berat badan Anda berlebih atau kurang, dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Nah jika Anda anda ingin menambahkan berat badan, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Khusus kaum pria, wanita biasanya menyukai pria yang badannya berisi dan tidak terlalu gemuk.

Menambah berat badan bisa dimulai dengan mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh serta jumlahnya lebih dari kebutuhan. Anda memulainya dengan mencoba cara menambah berat badan berikut ini.

Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

Cara Menambah Berat Badan

Meningkatkan porsi makan atau makan lebih sering
Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan lebih banyak mendapatkan asupan untuk membuat tubuh yang berisi. Selain meningkatkan porsi makan Anda juga bisa makan lebih sering, misal awalannya anda hanya makan 3 kali sehari, maka Anda bisa meningkatkannya menjadi 4-5 kali sehari.

Perbanyak minum air putih
Meminum air mungkin akan dianggap sepele. Banyak orang yang tidak mementingkan minum air putih dan mereka biasanya lebih memilih meminum minuman bersoda seperti minuman suplement tubuh dan sebagainya. Padahal mengkonsumsi minuman bersoda secara tidak langsung tubuh akan rusak karena pada minuman bersoda terdapat zat kimia yang memungkinkan berbahaya bagi tubuh anda. Semakin banyak anda mengkonsumsi air putih maka tubuh juga akan semakin sehat dan akhirnya proses pencernaan pada tubuh pun akan membaik sehingga dapat lebih menyerap gizi makanan secara sempurna. Disarankan untuk tidak berlebih dalam mengkonsumsi air putih, cukup 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.

Perbanyak konsumsi karbohidrat
Perbanyak mengkonsumsi karbohidrat. sumber karbohidrat : sayuran, buah-buahan, nasi merah dan makanan yang berbahan dasar gandum seperti roti dan sereal. Makanan yang berbahan dasar gandum adalah makanan yang kaya akan serat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Mencukupi kebutuhan protein
Sumber protein yang sehat yaitu protein yang berasal dari daging ikan, ayam, dan kacang-kacangan yang dapat untuk mencukupi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

Kunyah makanan sampai halus
Mengunyah makanan sampai halus mungkin terlihat sepele. Tapi, mengunyah makanan sampai halus dapat membantu penambahan berat badan, hal ini karena dapat mempermudah tubuh dalam mencerna makanan. Apalagi makanan yang dimakan agak keras, sehingga akan sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Mencukupi kebutuhan mineral
Sumber mineral dapat Anda diperoleh dari buah-buahan, susu, keju, sayuran, daging merah, serta kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

Mencukupi kebutuhan lemak
Sumber lemak yang  sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega-3 dan omega-6. Sumber lemak omega-3 dapat anda diperoleh dari ikan & kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega-6 dapat diperoleh dari minyak sayur antara lain kelapa, minyak biji matahari & jagung.

Hindari minum sebelum makan
Minum air putih sebelum makan sangat dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan diet, tapi sangat tidak dianjurkan seseorang yang ingin menambah berat badannya. Minum air sebelum makan bisa membuat perut serasa kenyang terlebih dahulu sehingga porsi makan pun berkurang karena sudah terisi oleh minuman.

Itulah Cara menambah berat badan yang bisa Kamu lakukan. Jika cara diatas sudah dicoba tapi tidak mendapatkan hasil yang positif, maka teruslah berusaha dan syukuri apa yang ada pada diri Anda. Tubuh yang kurus bukan berarti tidak bagus, masih banyak potensi lain dalam diri Anda yang bisa di gali sehingga anda bisa menunjukkan betapa istimewanya Anda terhadap orang lain.