5 Fakta Menarik Dari Menara Eiffel

Evogood.com Dikutip dari "Wikipedia" menara eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepiSungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.Pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel diresmikan di Paris dalam sebuah upacara meriah. Acara tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Perancis, Pierre Tirard, beberapa pejabat pemerintahan dan 200 pekerja konstruksinya. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889



Berikut kami akan menshare 5 Fakta Menarik Dari Menara Eiffel  :

1. Elevatornya Belum Berfungsi Saat Upacara Pembukaan


Menara Eiffel yang memiliki tinggi 324 meter, didesain oleh pengusaha Perancis bernama Gustave Eiffel beserta 2 insinyur bernama Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.

Menurut History.com, elevator pada menara ini belum siap digunakan saat acara pembukaan. Dalam website menara Eiffel, tertulis bahwa Gustav
e harus mendaki 1.710 tangga agar bisa mengibarkan bendera Perancis di puncak menara Eiffel. Dia ditemani oleh anggota dewan Perancis serta para reporter.

Para pengunjung mulai bisa menggunakan elevator pada akhir Mei 1889 dan berlanjut hingga sekarang. Tentunya, elevator yang sekarang jauh lebih canggih daripada elevator di zaman itu.






Ide menara Eiffel awalnya dari sebuah kompetisi yang diadakan Journal Officiel, dengan tema 'mempelajari kemungkinan mendirikan menara besi di Champs de Mars'. Proposal yang diajukan oleh Gustave Eiffel, Koechlin dan Sauvestre terpilih dari 107 peserta.
Pembangunan menara dilakukan pada Januari 1887.

Sekitar 262 pekerja bangunan menggunakan contoh gambar dari 5300 insiyur untuk membangun Eiffel. Menara ini baru selesai 2 tahun kemudian dan dibuka untuk publik tahun 1889.


2. Menimbulkan Kontroversi

Menurut History.com, pembangunan menara Eiffel menuai banyak kritik, baik dari mereka yang melihat secara langsung ataupun belum. Website menara Eiffel menulis, pada awal pembangunannya banyak seniman di Paris yang mengirimkan surat protes melalui koran harian.

3Menara Eiffel menjadi pusat dari Paris World Fair



Menara Eiffel menjadi pusat diadakannya Paris World Fair, sebuah peringatan 100 tahun Revolusi Perancis. Acara tersebut diadakan pada bulan Mei 1889. Meskipun, elevator sudah bisa digunakan, ada 30.000 pengunjung yang harus rela menaiki 1.710 tangga menara. Elevator tak mampu mengangkut semua pengunjung saking ramainya.

4. Hampir dirobohkan saat berusia 20 tahun

Setelah 20 tahun berdiri, menara Eiffel hampir dihancurkan. Namun, berhasil diselamatkan oleh ilmu sains yang menganggap menara tersebut memiliki banyak kegunaan – misalnya, sebagai antena untuk transmisi sinyal radio.

5. Sebagai Antena Pemancar Radio & Televisi

Menara Eiffel masih memiliki manfaat yang cukup penting di dunia sains dan teknologi. Stasiun televisi dan radio masih menggunakan menara ini untuk memancarkan sinyal mereka. Menurut The Verge, dua turbin angin juga dipasang di menara Eiffel. Turbin angin ini menyediakan listrik yang cukup bagi kawasan di sekitar menara juga sebagai simbol energi ramah lingkungan.