Ketahui Lima Daftar Tumbuhan Terunik di Dunia

Evogood.com - Selain manusia dan hewan, tumbuhan merupakan salah satu mahkluk ciptaan Tuhan. Keberadaan tumbuhan dilingkungan sekitar memberikan banyak manfaat bagi manusia dan hewan. Ada berbagai jenis tanaman  yang tumbuh diberbagai tempat.  Beberapa tumbuhan ternyata memiliki keunikan dan manfaat tersendiri. Meskipun tidak tumbuh disembarang tempat, tanaman super unik berikut ini dapat membuat kita kagum karena keberadaannya.

1. Si Pohon Botol (Baobab)

Ketahui Lima Daftar Tumbuhan Terunik di Dunia


Baobab atau si Pohon Botol merupakan tumbuhan satu genus Adansonia yang terdiri dari 8 spesies pohon. Pohon ini berasal dari Madagaskar. Pohon ini memiliki bentuk yang unik dan mampu menampung air sekitar 300 liter. Itulah sebabnya pohon ini dikenal sebagai pohon botol. Pohon botol juga bisa mencapai umur 500 tahun.

2. Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)

Ketahui Lima Daftar Tumbuhan Terunik di Dunia

Dracaena berasal dari kepulauan Socotra. Pohon ini juga bisa disebut pohon darah naga atau pohon naga Socotra. Pohon ini ternyata merupakan salah satu pohon teraneh di kepulauan Socotra. Pohon ini pertama kali ditemukan dan dipublikasikan oleh Isaac Bayley Balfour pada tahun 1882. Pohon ini memiliki bentuk seperti payung. Getah pohon ini berwarna merah mirip dengan  darah. Itulah sebabnya pohon ini diberi nama pohon darah naga. Getah yang berwarna itu bisa dijadikan sebagai obat atau sebagai bahan pewarna celup.

3. Si Putri Malu (Mimosa Pudica)

Ketahui Lima Daftar Tumbuhan Terunik di Dunia

Tumbuhan yang satu ini banyak ditemukan di lingkungan masyarakat sekitar. Selain dikenal di Indonesia, tumbuhan ini juga banyak ditemukan di daerah tropis dan di Amerika Selatan dan Tengah. Tumbuhan Putri malu memiliki ciri khas yaitu, ketika diisentuh atau digoyang-goyangkan, maka daunnya akan menguncup seperti malu dan seolah menginginkan yang menyentuhnya segera pergi. Tak lama kemudian, setelah beberapa menit daunnya akan membuka kembali ketika kita telah menjauh dari tanaman tersebut. Tumbuhan ini seperti punya perasaan dan sifat pemalu ya.

4. Tanaman yang Bangkit Kembali (Selaginella Lepidophylla)

Ketahui Lima Daftar Tumbuhan Terunik di Dunia

Tanaman yang aslinya tumbuh di Gurun Chihuanhuan ini bisa juga disebut sebagai mawar dari Jericho, Selaginella Lepidophylla. Tanaman ini termasuk dalam spesies tanaman gurun karena kemampuannya untuk bertahan hidup. Meskipun diawetkan dengan pengeringan sekalipun, konon tumbuhan ini mampu bertahan hidup. Uniknya ketika cuaca kering, batangnya akan mengkerut menjadi bola kecil dan akan terurai kembali ketika berada  atau dipindahkan ke tempat yang lembab.

5. Bunga Terbesar di Dunia (Rafflesia Arnoldi)

Ketahui Lima Daftar Tumbuhan Terunik di Dunia

Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu dari 16 spesies genus Rafflesia yang dapat ditemukan di Indonesia (Sumatra, Kalimantan, Jawa) dan Malaysia (Sabah, Serawak). Rafflesia Arnoldi merupakan bunga terbesar di dunia. Tanaman ini bisa berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai  7-11 kilogram. Rafflesia Arnoldi memiliki bentuk yang eksotis dan sangat langka. Bunga ini memiliki warna yang kurang cantik karena terdapat bintik-bintik dipermukaannya.  Bunga ini akan mekar dalam waktu 3 hari sampai seminggu saja dan akan mengeluarkan  bau busuk yang amat menyengat. Itulah sebabnya di Indonesia, bunga ini lebih dikenal dengan nama  bunga Bangkai. Karena baunya yang khas tersebut, maka serangga penyerbuk akan datang dan dapat membuat bunga ini beregenerasi.  Sembilan bulan kemudian, bunga ini akan mekar kembali, itupun jika semaiannya berhasil.