Jangan Coba - Ilusi ini dapat Merubah Kerja Otak Anda

Jangan Coba - Ilusi yang Merubah Kerja Otak Anda - Terdapat sebuah ilusi yang dapat memiliki efek yang tahan lama. Ilusi tersebut diberi nama Efek McCollough, yang berdampak apabila kita menatap gambar garis vertikal dan horisontal, dan dapat membuat Anda melihat hitam dan putih sebagai warna hijau dan merah sampai tiga setengah bulan.




Efek ini pertama kali ditemukan oleh psikolog Amerika, Celeste McCollough Howard pada tahun 1965, dan dijelaskan oleh pengguna YouTube, Tom Scott pada saluran nya: "The Things You May Not Know"

Untuk merasakan efek McCollough, Anda perlu menatap pusat gambar grid garis horizontal dan vertikal hitam dan putih hitam beberapa detik lamanya.

Setelah itu, Anda harus menatap bergantian pada persegi yang mengandung garis-garis merah dan hitam horizontal, dan garis-garis hijau hitam vertikal selama tiga menit. (bergantian antara menatap pusat merah dan hijau selama beberapa detik hingga 3 menit).

Setelah ini dilakukan, tataplah kembali gambar awal, yaitu garis-garis horisontal dan vertikal hitam dan putih.

Sekarang, bukannya muncul hitam dan putih, namun garis-garis vertikal di kanan atas dan kiri bawah akan memiliki rona merah muda, sedangkan garis-garis horisontal kanan bawah dan kiri atas akan terlihat sedikit hijau.


Langkah Pertama



Tataplah pusat gambar hitam dan putih ini selama 10 detik.

Langkah Dua


Menatap bergantian di pusat gambar-gambar induksi warna ini sampai tiga menit. Anda harus menatap pusat salah satu gambar untuk beberapa detik, sebelum beralih ke gambar kedua selama beberapa detik, terus berulang kali selama tiga menit.

Langkah Tiga

Lihat kembali gambar pertama di atas. Maka anda akan melihat bahwa bagian vertikal di kanan atas dan kiri bawah muncul sedikit merah, sedangkan bagian horisontal kiri atas dan kanan bawah akan terlihat sedikit hijau.

Efeknya akan lebih terasa jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu lagi pada langkah kedua.

Anda akan melihat bahwa bahkan setelah beberapa menit, efeknya masih terlihat. Efeknya benar-benar dapat tetap bertahan sampai tiga setengah bulan, dan mungkin terlihat pada garis horizontal dan lurus lainnya yang anda lihat.


Atau anda bisa melihat video ini secara keseluruhan. Kuncinya adalah kesabaran



Jika Anda akhirnya mencoba hal ini pada diri sendiri (serius, jangan), sebuah cara yang mungkin untuk membatalkan efek adalah hanya melakukan tindakan yang sama dengan gambar yang berlawanan. Flip orientasi garis, membalikkan warna, kemudian menatapnya selama lima belas menit untuk menempatkan otak Anda kembali ke dasar. Tapi serius, jangan coba-coba itu.