Ini dia Panduan Berwisata murah ke Pulau Weh.

Ini dia Panduan Berwisata murah ke Pulau WehBagi kalian yang hobi travelling, wajib mencoba pesona alam yang di tawarkan oleh Pulau weh yang masuk dalam provinsi Aceh ini. Banyak sekali yang dapat anda jelajahi di sini. Akan tetapi sudah bukan rahasia lagi, Indonesia adalah negara kepulauan yang pastinya dapat membuat berwisata ke pulau menjadi sedikit lebih mahal di banding dengan yang lainnya. 

Ini dia Panduan Berwisata murah ke Pulau Weh.
sumber gambar : infojakarta.net

Untungnya budget anda untuk berwisata ke pulau weh dapat ditekan seminimum mungkin, kuncinya yaitu cerdas dalam memilih transportasi. Dan ini dia Panduan Berwisata murah ke Pulau Weh yang dimulai dari Jakarta sampai ke Sabang.


Jakarta - Aceh

Dari sini anda sebaiknya ambil penerbangan ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh. Untuk harga tiket pesawat normal dari Jakarta ke Aceh kurang lebih kisaran Rp 600.000. Bila anda ingin berwisata pada musim libur, siapkan budget tambahan karena harga tiket biasanya naik sampai dua kali lipat.

Jika anda tidak mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, atau malah anda mendapatkan tiket pesawat promo, sebagai alternatifnya cobalah anda ambil penerbangan menuju ke Kuala Namu, Sumatera Utara. Setelah itu, naik bus antar kota dari medang menuju ke Banda Aceh. Untuk tarif bus, biasanya dipatok lebih kurang Rp. 200.000 dengan menempuh waktu 12 jam menuju Banda Aceh.


Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda - Pelabuhan Ulee Lheue

Untuk sampai ke Banda Aceh anda akan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Jadi, apabila anda ingin segera menuju pelabuhan dari bandara, sebaiknya menggunakan taksi, damri, becak motor, atau kendaraan khas Aceh "Labi-Labi". 

Untuk tarif masing-masing kendaraan jelaslah berbeda. Agar lebih murah sebaiknya menggunakan becak motor atau labi-labi karena tarid becak motor sesuai dengan penawaran sedangkan labi-labi memiliki harga carter dan harga perorangan. Akan tetapi untuk mendapatkan becak motor atau labi-labi di bandara agak sedikit sulit, jadi anda harus berjalan keluar dari komplek bandara untuk mencari dua transportasi tersebut. Sedangkan tarif Dammri dari Bandara ke Banda Aceh biasanya di tarif Rp 20.000.


Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh-Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh

Untuk sampai ke Pulau Weh, ada dua transportasi alternatif yakni menggunakan kapal cepat atau kapal lambat (feri). 

Dalam sehari, ada tiga kapal Feri yang berlayar dari pelabihan Ulee-Lhue (Banda Aceh) menuju ke pelabuhan Balohan (Pulau Weh) dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Untuk tarif tiket yang ditawarkan adalah Rp. 25.000 dengan waktu keberangkatan pukul : 08.00, 11.00, dan 16.00.

Untuk kapal cepat, kurang lebih memakan waktu perjalanan 45 menit dengan harga tiket Rp. 85.000. Dalam sehari kapal cepat hanya memiliki 2 kali jadwal keberangkatan yakni pukul 08.00 dan 14.30.

Untuk catatan, di hari Jum'at kapal feri memiliki jadwal yang berbeda. Dan faktor cuaca serta faktor-faktor lainnya juga dapat mempengarui waktu keberangkatan kapal.