Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Anda Ketika Bersin

Ada banyak hal yang terjadi saat tubuh memutuskan untuk membersihkan hidung Anda.

Bersin adalah salah satu dari banyak keajaiban tubuh manusia, yang menggunakan syaraf refleks sebagai pelindung alami kita. Ketika ada sesuatu yang mengganggu bagian dalam hidung kita, seperti debu atau serbuk sari, maka ujung saraf kecil di dalam hidung kita akan mengirim pesan ke otak kita yang secara bergiliran ke bagian tubuh untuk membersihkan hidung dengan cara bersin.



Ada banyak yang terjadi di sepersekian detik yang terlibat, seperti yang ditunjukkan oleh video Washington dalam artikel ini. Otot dada menekan paru-paru untuk mengeluarkan semburan udara ke atas. Tenggorokan menutup dengan ketat, yang kemudian mengirimkan udara melalui hidung dengan kecepatan hingga 100 mph. Dan jangan lupa semprotannya, memiliki 2.000 sampai 5.000 butiran berisi bakteri yang berasal dari hidung dan mulut saat Anda bersin.

Prosess terjadinya bersin merupakan suatu hal yang sangat menarik, tidak sedikit juga peneliti yang tertarik mempelajari proses perlindungan tubuh manusia tersebut. Penelitian terkahir tentang terjadinya bersin di lakukan oleh seorang fisikawan matematika dari MIT Lydia, Bourouiba yang dipublikasikan di New England Journal Of Medicine pada tahun 2016. Karyanya luas, namun dari keseluruhannya isi memiliki tujuannya sederhana yaitu untuk memahami bagaimana proses perjalanan pada tetes bersin (dan mikroba penyakit). Dia memecah bersin dengan cara yang mungkin tidak ingin Anda pahami, tapi Anda harus mengakui, video gerak lambat ini sangat mengesankan :




Cara orang memainkan bersin pun berbeda-beda, ada orang yang bersin dengan tenang atau pelan dan ada juga yang keras. Beberapa orang yang menutipi bersin mereka dengan harapan tidak mengganggu orang sekitar, dan ada pula yang membiarkan bersinnya begitu keras sehingga orang disekitarnya terkejut.

Setiap orang pasti berbeda. Seperti kata Dr. Mitchell Grayson, seorang profesor di divisi alergi dan imunologi klinis di Medical College of Wisconsin di Milwaukee, menjelaskan kepada EverydayHealth bahwa: "Beberapa orang memiliki bersin yang berbeda. Ini adalah refleks neurologis, dan itu tergantung pada orang tersebut. Orang mungkin memiliki 10 sampai 20 bersin berturut-turut." Biasanya tergantung pada tingkat iritasi di hidung Anda, karena Anda akan tetap bersin sampai mengeluarkan apa yang mengganggu pada hidung anda.

Fenomena unik lainnya yang terjadi ketika bersin adalah adanya mitos lama bahwa mata akan mengeluaran air ketika anda bersin dengan mata terbuka. Oleh sebab itu kebanyakan orang pasti menutup mata ketika mereka bersin. Lalu timbul pertanyaan, mengapa mata kita tertutup rapat saat kita bersin? Sebenarnya mata kita tertutup saat bersin itu hanya sebuah refleks.


EmoticonEmoticon